Ini Kriteria Ideal Agar Vaksin Covid-19 Bisa Efektif

https: img.okezone.com content 2020 12 10 337 2325467 ini-kriteria-ideal-agar-vaksin-covid-19-bisa-efektif-wcv9u1nwC5.jpeg

JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa ada berbagai kriteria ideal terkait dengan vaksin yang berkualitas. Kriteria-kriteria tersebut antara lain efikasi dan efektivitas.

“Kedua aspek ini memiliki peran untuk mengukur manfaat vaksin dalam pengendalian terhadap covid-19,” katanya saat konferensi pers.

Wiku menjelaskan aspek efikasi adalah kemampuan vaksin mencegah penyakit dan menekan penularan di kondisi ideal dan terkontrol.

“Hal ini dapat dilihat dari hasil uji klinis vaksin di laboratorium yang dilakukan kepada populasi dalam jumlah terbatas,” ungkapnya.

Sementara efektivitas adalah penilaian kemampuan vaksin melindungi masyarakat secara luas yang heterogen. Dia menyebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektivitas vaksin.

“Antara lain, faktor penerima vaksin. Seperti usia, komorbid, riwayat infeksi sebelumnya, serta jangka waktu sejak vaksinasi dilakukan,” tuturnya.

Sementara faktor lainnya adalah karakteristik dari vaksin itu. Diantaranya jenis vaksin yakni aktif atau inactivated. Lalu komposisi vaksin, dan juga cara penyuntikannya.

“Faktor selanjutnya kecocokan strain vaksin dengan strain pada virus yang beredar di masyarakat,” ujarnya.

Wiku menambahkan untuk dapat mengetahui aspek efektivitas vaksin maka perlu ada data surveilans. Hal ini untuk melihat perkembangan kasus dan memantau dampaknya.

“Data imunisasi untuk melihat cakupan imunisasinya dan data klinis individu pendukung untuk melihat aspek lain yang mempengaruhi kondisi kesehatan individu,” katanya.

Selanjutnya terkait efisiensi vaksin maka dapat dilihat dari bagaimana pembelanjaan vaksin dapat mencegah pengeluaran biaya kesehatan lain untuk menangani orang yang sakit akibat penyakit tersebut.

“Selain kedua aspek ini terdapat berbagai pertimbangan lain yang sedang dilakukan pemerintah untuk memastikan tujuan utama yakni mengakhiri pandemi covid-19,” pungkasnya.

1
2

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Satgas Covid-19
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Virus Corona

Next Post

Kuasa Hukum Belum Komentari Status Tersangka Habib Rizieq, Kenapa?

Jum Des 11 , 2020
JAKARTA – Tim kuasa hukum belum mau mengomentari status tersangka Habib Rizieq Shihab. Mereka beralasan, akan terlebih dahulu menemui Habib Rizieq, sebelum berkomentar ke publik. Habib Rizieq jadi tersangka kasus kerumunan di Petamburan. “Saya mau ketemu HRS (Habib Rizieq Shihab) dulu,” kata Ketua Tim Bantuan Hukum DPP FPI Sugito Atmo […]