Jakarta () – Tim nasional Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Afghanistan pada babak pertama laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Gloria, Antalya, Turki, Selasa.

Skuat Garuda tidak mampu menjebol gawang lawan meski memiliki sedikitnya dua peluang emas sepanjang 45 menit perdana.

Diperkuat tiga pemain yang merumput di luar negeri yaitu Elkan Baggott, Egy Maulana dan Witan Sulaeman, Indonesia tampil baik terutama pada 10 menit awal.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong mampu memberikan tekanan ke pertahanan Afghanistan dan membuat tembakan.

Pada menit kelima, bola sepakan Ricky Kambuaya melebar dari gawang Afghanistan.

Empat menit setelahnya, giliran Witan Sulaeman mendapatkan peluang emas.

Bermain umpan pendek satu-dua di depan kotak penalti Afghanistan, Indonesia berhasil membuka ruang dan bola bergulir ke Witan yang bebas di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan pemain klub Polandia Lechia Gdansk tersebut tak menemui sasaran.

Timnas Indonesia menciptakan satu kesempatan berbahaya lagi pada menit ke-22, kali ini via Dedik Setiawan. Juga hasil operan pendek kaki ke kaki, Witan mengarahkan umpan akhir ke Dedik yang berlari masuk ke wilayah titik 12 pas.

Akan tetapi, bola yang ditendang Dedik tidak mengarah tepat ke gawang.

Afghanistan sendiri menguasai pertandingan sejak menit ke-10. Akan tetapi, skuad besutan Anoush Dastgir juga tak mampu menembus disiplinnya pertahanan Indonesia yang dikawal Elkan, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar.

Skor seri tanpa gol pun bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Ronaldo berkomitmen perkuat timnas Indonesia meski bisa bela Liberia

Berikut susunan pemain kedua tim.

Indonesia: Muhammad Riyandi-pg, Pratama Arhan, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas (kapten), Rachmat Irianto, Witan Sulaiman, Ricky Kambuaya, Dedik Setiawan, Egy Maulana Vikri.

Afghanistan: Ovais Azizi-pg, David Najem, Sharif Mukhamad, Abassin Alikhil, Adam Ahmed Najem, Noor Husin, Milad Intezar, Farshad Noor (kapten), Fareed Sadat, Faysal Shayesteh, Abdul Haidary.

Baca juga: PSSI: Shin Tae-yong cari pemain luar negeri untuk Piala Dunia U-20
Baca juga: Shin ingin beberapa pemain keturunan dari luar negeri perkuat timnas

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © 2021