Hasil Tes Swab 400 Pegawai Negatif Covid-19, RSUD Cililin Kembali Dibuka

https: img.okezone.com content 2020 09 04 525 2272364 hasil-tes-swab-400-pegawai-negatif-covid-19-rsud-cililin-kembali-dibuka-aFCQGOOIL2.jpg

BANDUNG BARAT – Pelayanan RSUD Cilili, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kembali dibuka. Hal itu setelah hasil tes swab terhadap sekira 400 pegawai di RSUD tersebut negatif virus corona (Covid-19).

“Hasil swab test ke-400 lebih pegawai di RSUD Cililin sudah keluar, hasilnya semua negatif. Jadi kini rumah sakit itu dibuka kembali melayani pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto, melansir Sindonews, Jumat (4/9/2020).

Hernawan menerangkan, tes swab di RSUD Cililin dilakukan untuk memastikan tidak ada tenaga medis terpapar Covid-19. Terlebih rumah sakit itu menjadi rujukan bagi pasien positif virus corona yang menjalani isolasi. Itu juga menjadi bagian dari tes swab massal yang dilakukan kepada 3.607 ASN yang ada di lingkungan Pemda KBB.

Selama penutupan RSUD Cililin, operasional tidak terganggu mengingat ada petugas piket dan jaga merawat pasien yang sedang menjalani perawatan. Penutupan dilakukan hanya beberapa hari. Begitu hasil swab test keluar dan didominasi yang negatif maka operasional langsung dibuka.

“Memang ada sebagian hasilnya yang belum keluar, tapi tinggal sedikit. Sebagian besar hasilnya sudah negatif,” katanya.

Ia mengakui, tenaga medis, perawat, staf rumah sakit, termasuk petugas sekuriti di RSUD Cililin berisiko tinggi terpapar. Oleh karena itu, langkah antisipasi dilakukan sebelum muncul klaster baru yang bisa menyebar lebih besar. Sementara enam tenaga kesehatan yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 tidak ada yang dari RSUD Cililin.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Apresiasi Jam Malam di Depok dan Bogor

“Jadi swab test ini memang sudah diagendakan. RSUD Cililin adalah rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di KBB khususnya mengcover wilayah selatan sehingga tetap harus waspada jangan sampai personelnya ada yang terpapar,” tuturnya.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Akui Peran Tokoh Agama dalam Pendisiplinan Masyarakat

(erh)

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Kejagung Periksa Orang yang Pertemukan Jaksa Pinangki dengan Djoko Tjandra

Jum Sep 4 , 2020
Jakarta – Kejaksaan Agung RI (Kejagung) memeriksa saksi Rahmat, yang namanya sempat mencuat ketika fotonya bersama Jaksa Pinangki dan Anita Kolopaking tersebar. Penyidik kembali memanggil rahmat untuk menelusuri perannya dalam kasus Pinangki. “Saksi yang kembali diperiksa oleh Direktur Penyidikan pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung […]