Hari Ini, Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban

JAKARTA – Kementerian Perhubungan Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan melakukan Soft Launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban Subang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020). Persiapan terus dilakukan.

“Pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas,” ujar Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta, Sabtu 19 Desember 2020.

Baca Juga:  Menhub: Pelabuhan Patimban Beroperasi Terbatas Desember 2020

Ia mengungkapkan, bahwa pelaksanaan soft launching tersebut rencananya akan diresmikan secara langsung hari ini. Selain itu, bersamaan dengan kegiatan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban juga akan dilaksanakan ekspor perdana kendaraan dari Pelabuhan Patimban berupa kendaraan mobil berjumlah 140 unit dengan menggunakan Kapal MV. Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

“Saat ini Kapal MV. Suzuka Express telah sandar di Pelabuhan Patimban yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN. Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” kata Dirjen Agus.

Baca Juga:  Proyek Pelabuhan Patimban Dipercepat, Ternyata Investor Menanti-nanti

Sebagai informasi, Kapal MV. Suzuka Express merupakan kapal berbendera Panama yang memiliki spesifikasi diantaranya berat GT. 43.810, length 180 m, beam 30 m, draught 7.7 m, dan memiliki speed (heading) 14.6 Knots.

Sebagai penutup, Dirjen Agus berharap dengan kehadiran Pelabuhan Patimban akan semakin menghidupkan dan menggeliatkan aktivitas ekonomi nasional pada umumnya, serta bagi masyarakat di sekitar pada khususnya.

(Ari)

  • #Pelabuhan Patimban
  • # pelabuhan
  • #Menhub

Next Post

Kongres AS Serukan Pembalasan Aksi Peretasan Siber Rusia

Ming Des 20 , 2020
PARA anggota Kongres dan sektor swasta Amerika Serikat (AS) menyerukan agar pemerintah bertindak dan memberi peringatan bahwa semua petunjuk mengenai peretasan internet mengarah ke Rusia sebagai pelakunya. Hal itu dilakukan setelah para anggota Kongres diberi briefing tentang peretasan terhadap internet besar-besaran yang telah berdampak pada badan-badan pemerintah. Teguran baik dari […]