Gunung Api Karangetang Keluarkan Suara Gemuruh

https: img.okezone.com content 2020 11 22 340 2314104 gunung-api-karangetang-keluarkan-suara-gemuruh-1TXDniudNc.jpg

SITARO – Gunung Api Karangetang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro) mengeluarkan suara gemuruh lemah sampai kuat dan sering terdengar sampai Pos Pengamatan Gunung Api.

Petugas pos pengamatan Gunung Karangetang Didi Wahyudi Pernama Putra Bina mengatakan saat ini angin dari arah Timur laut jadi untuk wilayah ondong akan terdengar jelas gemuruhnya.

Aktivitas kegempaan hembusan Gunung Katangetang terjadi 18 kali dengan amplitudo 3-31 mm, berdurasi 25-40 detik. Untuk tremor Non-Harmonik terjadi 10 kali dengan amplitudo 9-15 mm berdurasi 80-160 detik. Sedangkan untuk kegempaan Vulkanik Dangkal terjadi 1 kali berkekuatan amplitudo 8 mm, dengan durasi 5 detik. Sementara untuk kegempaan Tektonik Jauh terjadi 1 kali, berkekuatan amplitudo 28 mm, S-P 28 detik, dengan durasi 60 detik.

“Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm, dominan 0.5 mm,” ujar Didi, Minggu (22/11/2020).

Masyarakat dan pengunjung/wisatawan direkomendasikan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km. Dan dari kawah utama sejauh 3 km ke arah barat.

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang yang berstatus level III Siaga itu dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

“Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai,” pungkas Didi

(kha)

  • #Sitaro
  • #Sulawesi Utara
  • #gunung berapi
  • #Gunung Karangetang

Next Post

Polri Ungkap 104 Kasus dan Tersangka Hoaks Covid-19 Sepanjang 2020

Sen Nov 23 , 2020
JAKARTA – Bareskrim Polri sepanjang tahun 2020 tercatat telah mengungkap 104 kasus dugaan tindak pidana penyebaran informasi palsu atau hoaks terkait pandemi Covid-19. Pengungkapan tersebut merupakan komitmen dari Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo yang menginstruksikan jajarannya untuk melakukan patroli siber secara masif di masa Pandemi virus corona. “Bareskrim sejak […]