Jakarta () – Gol semata wayang Kakang Rudianto menjadi penentu kemenangan Persib Bandung pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021/2022 kontra Persikabo 1973 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu malam.

Kakang tampil sebagai penyelamat skuad Pangeran Biru yang pada laga kali ini harus kehilangan sembilan pemain karena dikabarkan terkena COVID-19.

Kesembilan pemain itu, yakni Marc Klok, Febri Hariyadi, David Da Silva, Bruno Catanhede, Ezra Walian, Victor Igbonefo, Dedi Kusnandar, Supardi Nasir dan Nick Kuipers.

Di babak pertama, Persib langsung menggebrak dengan tekanan-tekanan yang dilancarkan ke pertahanan Laskar Padjajaran meski mengalami keterbatasan pemain.

Namun, Persikabo mampu meredam serangan dan membalas, seperti dilakukan Dimas Drajad yang berkolaborasi dengan Ciro Alves walaupun belum berbuah gol.

Jual beli serangan terus terjadi hingga menit ke-20, dan selang dua menit kemudian Persib sukses membobol gawang Persita lewat Kakang Rudianto.

Kakang berhasil memanfaatkan bola muntah tepisan dari kiper Persikabo Diky Indrayana sehingga membuat Persib unggul 1-0.

Kebobolan, Persikabo terus menyerang lini pertahanan Maung Bandung, tetapi belum juga mampu membalaskan gol hingga babak pertama usai.

Baca juga: Sudirman tak masalah jadwal Persija di Liga 1 bersamaan tim nasional

Memasuki babak kedua, Persikabo langsung menggeber serangan untuk membalaskan gol dan menciptakan sejumlah peluang.

Salah satu peluang mereka yaitu ketika Ciro Alves  mengeksekusi tendangan bebas "on the target" di menit ke-65, tetapi bisa diamankan oleh kiper Persib Teja Paku Alam.

Persib juga tak mengendurkan serangan, salah satunya lewat gelandang asingnya Mohammed Bassim Rashid meski bisa dihalau kiper Persikabo.

Persikabo sempat mendapatkan peluang emas lewat kaki Ciro Alves secara beruntun di menit ke-85 dan 86, namun kembali sukses ditepis Teja Paku Alam.

Teja terbilang sukses menyelamatkan gawangnya dari serangan demi serangan, termasuk enam tembakan akurat Ciro yang bisa digagalkannya.

Baca juga: PSM kian perketat prokes usai Adam Mitter positif COVID-19

Ciro juga sempat merepotkan Teja di menit ke-90+1 dengan tembakan kerasnya, tetapi kembali digagalkan sang kiper dengan meninju bola.

Hingga pertandingan berakhir, Persikabo maupun Persib tak mampu menambah perolehan gol sehingga laga ditutup dengan skor tipis 1-0 untuk kemenangan Persib.

Dengan kemenangan itu, Persib merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022 dengan 43 poin, menyalip Bhayangkara yang turun di posisi ketiga dengan poin sama.

Sedangkan pemuncak klasemen sementara masih dipegang oleh Arema FC dengan koleksi 44 poin.

Berikut susunan pemain laga Persib vs Persikabo:

Persib Bandung:

Teja Paku Alam; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Kakang Rudianto, Ardi Idrus, Mohammed Rashid, Beckham Putra, Esteban Vizcarra, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Frets Butuan

Pelatih: Robert Alberts.

Persikabo 1973:

M Diky Indriyana; Gilang Ginarsa, Sergey Pushnyakov, Didik Wahyu, Firza Andika, Andy Setyo, Manahati Lestusen, Roni Sugeng, Ciro Alves, Hendra Bayauw, Dimas Drajad.

Pelatih: Liestiadi.
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © 2022