Global Times: Dunia merayakan Tahun Naga, mendapat pemahaman yang lebih baik tentang budaya Tiongkok

(SeaPRwire) –   BEIJING, 6 Februari 2024 — Dengan menjelang Tahun Baru Imlek, suasana kuat Tahun Naga sudah terasa tidak hanya di seluruh Cina tetapi juga di seluruh dunia, yang juga merupakan Tahun Baru Imlek pertama sejak PBB memasukkan Tahun Baru Imlek sebagai liburan bergerak dalam kalender konferensi dan pertemuannya. 

Dengan produk bertema naga Cina yang terjual dengan cepat di luar negeri, juga terdapat minat yang tumbuh di kalangan orang asing dalam membahas zodiak Cina, yang dapat lebih mempromosikan budaya Cina secara global, para ahli mengatakan. Dan dalam lingkungan politik internasional yang kompleks, pertukaran budaya seperti itu membantu orang asing memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang budaya Cina dan Cina secara keseluruhan.

Perayaan global

Beberapa situs utama di Moskow membentuk rute pejalan kaki khusus untuk merayakan Tahun Baru Imlek Cina, yang juga akan menjadi tahun pertama Moskow merayakan festival ini, menurut media lokal. Kegiatan budaya seperti konser musik rakyat Cina juga akan diadakan, karena Tahun Naga juga sesuai dengan Tahun-tahun Budaya Cina-Rusia 2024-2025, beberapa media Rusia melaporkan baru-baru ini.

Di AS, populasi Asia Amerika telah berlipat ganda dalam dua dekade pertama abad ke-21—dan tahun ini, kota-kota di seluruh negeri sedang mempersiapkan beberapa perayaan Tahun Baru Imlek Cina terelaborasi, majalah perjalanan Condé Nast Traveler melaporkan pada 29 Januari, daftar “delapan kota Amerika yang benar-benar merayakan Tahun Baru Imlek.”

Dari lomba naga singa yang meriah dari Kota New York hingga San Francisco—bahkan perayaan ikonik di Disneyland Resort di Anaheim, California—kota-kota Amerika merayakan Tahun Baru Imlek Cina dengan menghias diri mereka dengan warna merah yang baik dan menikmati makanan beruntung, seperti dim sum, bentuknya seperti kepingan emas yang dikatakan membawa kemakmuran, laporan media itu mengatakan.

Dalam budaya Cina, tahun bulan baru yang akan datang akan menjadi Tahun Naga, dan naga melambangkan keberanian, kemajuan, vitalitas yang tak terbatas, dan keberuntungan, menyampaikan harapan optimis untuk masa depan, kata Presiden Xi Jinping selama kunjungan baru-baru ini ke Tianjin Utara Cina. Dia mendorong penduduk untuk menyambut tahun baru dengan keyakinan dan berusaha menuju kehidupan yang lebih baik.

Duta Besar Cina untuk AS Xie Feng juga memperpanjang ucapan selamat Tahun Baru Imlek kepada orang Cina di luar negeri, mahasiswa Cina dan karyawan lembaga-lembaga Cina di AS pada Minggu, mengatakan bahwa naga melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kekuatan.

“Kami berharap hubungan Cina-AS, sesuai dengan prinsip-prinsip saling menghormati, hidup berdampingan damai, dan kerja sama menguntungkan bersama yang diusulkan oleh Presiden Xi, akan terus berjalan dengan benar dan semakin maju dengan stabil,” kata Xie, yang juga mengharapkan “setiap ‘keturunan naga’ memiliki tahun yang lancar dan sejahtera.”

Paus Fransiskus meluaskan ucapan selamat kepada mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek Cina, Berita Vatikan melaporkan pada Minggu, menyatakan “harapan agar pesta ini dapat menjadi kesempatan untuk mengalami hubungan kasih sayang dan gestur perhatian, yang berkontribusi untuk menciptakan masyarakat solidaritas dan persaudaraan, di mana setiap orang diakui dan disambut dengan martabat yang tidak dapat dipisahkan.”

“Komunitas orang Cina di luar negeri telah tumbuh secara signifikan dalam ukuran, memberikan kontribusi terhadap pengaruh budaya Cina yang semakin global,” kata Zhang Yiwu, profesor studi budaya di Universitas Peking, kepada Global Times pada Senin.

Hari Raya Imlek juga memiliki arti universal karena mewakili perayaan musim semi dan membawa makna simbolik, katanya, menunjukkan hal ini terutama benar untuk negara-negara belahan bumi utara. “Internasionalisasi Hari Raya Imlek merupakan cerminan pengaruh Cina dalam skala global,” kata Zhang.

Pertukaran budaya

Seorang wanita bernama Cai, yang saat ini sedang belajar di Kuala Lumpur, Malaysia, memberitahu Global Times pada Senin bahwa pertunjukan naga dan singa lokal telah berlangsung selama beberapa hari. Ada juga pameran belanja skala besar untuk membeli barang-barang Tahun Baru Imlek Cina, dan supermarket dan mal di Kuala Lumpur dipenuhi dengan dekorasi yang menampilkan naga. “Ketika saya masuk ke mal-mal ini hari ini, saya merasa seolah-olah tidak di luar negeri,” kata Cai.

Dia menambahkan bahwa suasana perayaan Tahun Baru Imlek yang sangat kuat di Malaysia, dan orang Cina setempat memiliki warisan budaya tradisional Cina yang sangat baik, serta rasa kebanggaan budaya. “Ketika pertunjukan naga singa mencapai titik yang mendebarkan, semua orang akan bersorak dan bertepuk tangan dengan keras, menciptakan suasana yang sangat hangat dan gembira,” katanya.

Menurut data dari AliExpress, produk bertema Tahun Baru Imlek Cina seperti kotak misteri merek tren Cina dan barang yang menampilkan unsur naga Cina seperti amplop merah, hiasan jendela potongan kertas, lentera, simpul Cina, dan doa pasangan telah terjual di lebih dari 100 negara di luar negeri, dengan volume penjualan meningkat 2,6 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di antaranya, penjualan mainan bertema naga Cina telah meningkat 50 kali lipat. Konsumen di AS, Spanyol, dan Korea Selatan menunjukkan ketertarikan khusus pada mainan naga Cina, dengan sekitar 40 persen di antaranya terjual di negara-negara ini. Selain itu, lebih dari setengah amplop merah yang menampilkan unsur Tahun Naga telah dibeli oleh konsumen di AS, Inggris dan Prancis.

Pada resepsi Tahun Baru 2024 untuk jurnalis asing di Cina yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri Cina di Beijing pada Jumat, reporter Global Times melihat tempat itu dipenuhi maskot yang melambangkan Tahun Naga, bersama dengan beberapa topi bertema naga. Selain itu, ada pertunjukan kaligrafi yang menarik perhatian banyak jurnalis asing.

Selama resepsi itu, Wakil Menteri Luar Negeri Hua Chunying memuji jurnalis asing yang mengenakan topi naga, mengatakan dekorasi seperti itu sangat lucu, dan dia berharap mereka akan menceritakan kisah-kisah Cina dengan baik.

“Terutama dalam upaya promosi budaya Cina, naga sebenarnya telah diubah menjadi gambaran yang lucu dan beruntung. Dalam ranah budaya populer dan produk kreatif, telah diberi makeover yang menyenangkan, mempertahankan inti positif dan bermakna di dalamnya,” katanya.

Dalam rangka mempromosikan pertukaran budaya antara Cina dan dunia Barat, khususnya dalam meningkatkan pemahaman tentang budaya Cina, beberapa ahli menyarankan bahwa perhatian harus diberikan pada simbol-simbol budaya tradisional Cina, seperti panda dan naga, yang diakui secara internasional sebagai ikon budaya, dengan menekankan atribut Cina dan pengakuan global simbol-simbol ini.

“Kita juga harus melihat ke depan, menargetkan generasi muda dan menggunakan metode media emerging seperti game dan video pendek [untuk membantu pertukaran budaya] tidak hanya dalam skala global tetapi juga fokus pada wilayah di luar negara-negara berbahasa Inggris, termasuk Asia Tenggara,” kata Sun Jiashan, peneliti senior di Akademi Administrasi Budaya dan Pariwisata Pusat, kepada Global Times pada Senin.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Amorepacific Umumkan Hasil Penelitian Positif dari Ginseng Fermentasi dalam Aktivasi Limfatik Kulit

Sel Feb 6 , 2024
(SeaPRwire) –   Mengungkapkan potensi peningkatan aktivasi limfatik dan kesehatan kulit melalui bahan ginseng fermentasi SEOUL, Korea Selatan, 6 Februari 2024 — Amorepacific, bekerja sama dengan Chung Seok dari jurusan Teknik Mekanik di Korea University, telah meluncurkan penelitian inovatif yang menunjukkan dampak aktivasi limfatik pada kesehatan kulit dan potensi peningkatan limfatik […]