Jakarta () – Tim nasional Finlandia menjaga asa untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 seusai mempecundangi tuan rumah Bosnia-Herzegovina 3-1 dalam lanjutan Grup D kualifikasi Zona Eropa di Stadion Bilino Polje, Zenica, Sabtu.

Finlandia naik ke posisi kedua dengan koleksi 11 poin, menggusur Ukraina (9) yang baru bermain lagi pada Selasa (16/11), demikian catatan laman resmi UEFA.

Di waktu bersamaan, hasil ini membuat peluang Bosnia untuk lolos habis tak bersisa, sebab mereka tertahan di urutan keempat dengan tujuh poin dan tak lagi mungkin finis di dua teratas klasemen akhir Grup D.

Finlandia bahkan boleh memelihara asa bisa memperoleh tiket otomatis putaran final bila mana pemuncak klasemen sementara, Prancis (12), gagal menang melawan Kazakhstan dalam pertandingan lebih larut.

Bila itu terjadi, maka akan terjadi partai final kecil saat Finlandia menjamu Prancis di Helsinki pada Selasa (16/11) pekan depan.

Kemenangan Finlandia atas diraih berkat gol-gol yang dicetak Marcus Forss, Robin Lod dan Daniel O'Shaughnessy yang hanya bisa dibalas sekali oleh Bosnia melalui Luka Menalo.

Finlandia sebetulnya memperoleh peluang untuk membuka keunggulan pada menit ke-25 tetapi tendangan penalti Teemu Pukki bisa digagalkan oleh kiper Ibrahim Sehic.

Empat menit berselang, Pukki membayar kesalahannya dengan mengirimkan umpan matang yang tinggal diselesaikan secara sederhana oleh Forss untuk membawa Finlandia memimpin.

Pada menit ke-37, tuan rumah mendapat keuntungan setelah bek sayap Jukka Raitala diganjar kartu merah oleh wasit Michael Oliver dan memaksa Finlandia melanjutkan pertandingan hanya dengan sepuluh pemain.

Namun situasi timpang itu gagal dimanfaatkan Bosnia, malahan Finlandia menggandakan keunggulan mereka saat umpan tendangan bebas Leo Vaisanen diselesaikan Lod untuk menjebol gawang tuan rumah lagi pada menit ke-50.

Gol yang ditunggu-tunggu Bosnia baru muncul pada menit ke-69 saat Menalo meneruskan umpan tendangan bebas Amer Gojak, tetapi empat menit berselang situasi bola mati kembali dimanfaatkan Finlandia yang merestorasi marjin keunggulan dua gol lewat sontekan jarak dekat O'Shaughnessy.

Lini belakang Finlandia berjibaku untuk meredam serangan-serangan Bosnia dan mempertahankan skor 3-1 hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Sementara Finlandia menjamu Prancis, pada Selasa (16/11) Bosnia bisa merusak peluang Ukraina untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca juga: Skotlandia kunci tiket playoff Piala Dunia 2022 usai atasi Moldova
Baca juga: Harry Kane kemas trigol bantu Inggris cukur Albania
Baca juga: Jorginho buang kesempatan menangkan Italia atas Swiss

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © 2021