Filantropi Iklim Umumkan $450 Juta untuk Mendalamkan Investasi dalam Super Polutan Iklim

(SeaPRwire) –   Komitmen ini akan melengkapi upaya penting pengurangan karbon untuk membantu mengurangi pemanasan jangka pendek

DUBAI, Uni Emirat Arab, 2 Des 2023 — Hari ini di COP28, lembaga amal iklim terkemuka mengumumkan investasi sebesar $450 juta pada tahun 2023 dan selama tiga tahun ke depan untuk membantu memacu percepatan penurunan polutan iklim super bukan-CO2. Komitmen baru ini mengalokasikan sebagian besar dana untuk pengurangan metana dan sisanya akan mendukung fase-out gas fluorinasi, nitrous oksida, karbon hitam dan ozon permukaan tanah. Polutan iklim super berkontribusi lebih dari setengah perubahan iklim global1, dan mengurangi polutan ini, bila dipasangkan dengan upaya pengurangan karbon yang diperlukan dan ambisius, dapat membantu mengurangi pemanasan jangka pendek empat kali lebih cepat daripada fokus pada pengurangan karbon saja.

“Dengan tahun 2023 yang diprediksi menjadi tahun terpanas hingga saat ini, kita sangat dekat melewati target 1,5°C yang ditetapkan dalam Persetujuan Paris. Kita harus memperdalam investasi dan secara signifikan meningkatkan fokus pada langkah-langkah yang dapat mencegah pemanasan dalam jangka pendek,” kata Patricia Espinosa, CEO dan Mitra Pendiri onepoint5. “Ini berarti rencana transisi yang ambisius menuju fase-out bahan bakar fosil. Setiap persepuluh derajat pemanasan sangat penting, dan paling penting bagi komunitas rentan di garis depan perubahan iklim.”

Meskipun semua polutan super memiliki dampak signifikan terhadap pemanasan, pengurangan emisi metana menyajikan kesempatan kritis untuk memperlambat pemanasan saat ini — metana bertanggung jawab atas lebih dari 25% pemanasan iklim global, hanya berada di bawah CO22. Metana harus melampaui target sukarela menuju langkah-langkah wajib di tingkat lokal, sub-nasional, nasional, dan internasional, termasuk melalui perjanjian wajib yang dimulai dengan langkah-langkah untuk mengurangi metana dan polutan super lainnya di tiga sektor kritis: minyak dan gas, pertanian dan limbah. Pengurangan ini akan sangat penting untuk tetap mempertahankan tujuan 1,5°C.

“Tindakan darurat diperlukan dari negara-negara pembesarnya dan negara kaya untuk menegakkan batas 1,5°C yang ditetapkan oleh Persetujuan Paris. Sebagian besar negara anggota Vulnerable Twenty Group (V20) telah mengalami suhu rata-rata jauh di atas yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi, mengakibatkan kemunduran keuangan sebesar 20% kehancuran kekayaan,” kata Ken Ofori-Atta, Menteri Keuangan Ghana dan Ketua V20. “Peningkatan investasi dan dukungan keuangan yang cepat untuk ekonomi rentan iklim yang mengejar rencana Kesejahteraan Iklim sangat penting untuk tindakan iklim yang positif bagi pembangunan dan kesejahteraan bersama.”

Banyak negara dan perusahaan telah menandatangani janji sukarela gas non-CO2 dalam beberapa tahun terakhir — yang menunjukkan apa yang mungkin — tetapi komitmen-komitmen ini umumnya tidak menjadi bagian dari proses Kontribusi Ditetapkan Secara Nasional (NDC) dalam Kerangka Kerja Paris. Untuk sepenuhnya merealisasikan komitmen-komitmen ini, peraturan atau insentif lokal, nasional, atau internasional harus ada.

Dana yang diumumkan hari ini akan mendukung berbagai inisiatif untuk mempercepat pengurangan polutan super, termasuk oleh pemerintah yang telah mengumumkan rencana untuk mengurangi polutan super, dengan membantu implementasi. Ini akan membantu negara-negara mempercepat tindakan nasional dan membantu memacu NDC ekonomi menyeluruh yang ambisius yang memasukkan semua polutan iklim. Ini juga akan membantu memanfaatkan sumber daya tambahan untuk memperbesar tiga kali lipat pendanaan iklim untuk polutan non-CO2 pada akhir dekade.

“Ketika kita melihat ke depan ke COP di Brasil dan kewajiban semua negara untuk menyampaikan NDC mereka yang diperbarui, kita harus mengambil semua langkah mungkin untuk mempercepat ambisi kita dalam menghindari perubahan iklim yang menghancurkan,” kata Izabella Teixeira, ketua bersama Panel Sumber Daya Internasional UNEP dan mantan Menteri Lingkungan Brasil. “Menggabungkan sumber daya filantropi, pemerintah dan sektor swasta akan terus menjadi kritis — dan inisiatif ini, yang difokuskan pada polutan super cepat bertindak, dapat memberikan kontribusi nyata bagi upaya global kita.”

Pengumuman hari ini diilhami oleh kesuksesan sejarah Amandemen Kigali 2016 terhadap Protokol Montreal, yang bekerja efektif untuk mengurangi hidrofluorokarbon (HFC), polutan super dan kontributor kunci terhadap peningkatan suhu, bersama dengan hampir 100 zat kimia lainnya yang menipis lapisan ozon dan memanaskan planet. Amandemen Kigali merupakan kesuksesan yang luar biasa, termasuk peran filantropi dalam mendukung implementasi perjanjian tersebut, dan komitmen hari ini berupaya memiliki dampak serupa terhadap sisa polutan super.

“Dengan waktu yang semakin pendek, kita harus cerdas dan tegas tentang cara kita tetap di bawah dunia yang lebih hangat 1,5 derajat. Salah satu cara cerdas akan dengan semua komitmen untuk mengakhiri kebocoran metana sekarang dan untuk mengatur, secara mendesak, semua polutan super lainnya,” kata Mia Amor Mottley, Perdana Menteri Barbados.

Polutan super biasanya tinggal di atmosfer selama beberapa hari hingga beberapa tahun, dibandingkan 300-1.000 tahun atau lebih untuk CO2. Mengurangi emisi polutan super tidak hanya penting untuk tetap berada di jalur untuk mencapai target yang ditetapkan dalam Persetujuan Paris, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas udara di seluruh dunia. Mengurangi polutan iklim super juga akan berkontribusi mencegah 2,5 juta kematian per tahun akibat polusi udara (60% dari kematian tahunan total akibat polusi udara), sambil membawa manfaat lokal langsung bagi masyarakat3.

Dukungan filantropi ini merupakan tambahan terhadap kontribusi penting yang perlu segera meningkatkan ambisi dan implementasi pada pengurangan karbon. Ini melibatkan pengembangan upaya untuk menyampaikan paket energi komprehensif di COP28 yang mencakup tujuan untuk mempertandakan efisiensi energi, memperbesar tiga kali energi terbarukan, dan fase-out adil dan berkeadilan terhadap semua bahan bakar fosil.

“Menyediakan tingkat pendanaan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya sangat penting untuk mengembangkan kemajuan cepat pada polutan super, sementara merealisasikan transisi energi yang dibutuhkan,” kata Jess Ayers, CEO Quadrature Climate Foundation. “Sangat penting bahwa pendanaan ini mendukung mereka yang sudah berjuang paling banyak dengan dampak merusak perubahan iklim dan harus memungkinkan kemajuan kritis pada adaptasi dan kerugian dan kerusakan.”

“Meskipun filantropi dapat memainkan peran katalis, jumlah pendanaan yang belum pernah terjadi diperlukan untuk mendukung transisi energi,” kata Antha Williams, yang memimpin program lingkungan Bloomberg Philanthropies. “Ini adalah momen penting bagi pemerintah, filantropi, dan sektor swasta untuk bekerja sama dan menyediakan data, tindakan dan investasi untuk mencapai tujuan kita.”

COP28 akan menandai kesimpulan Penilaian Keseluruhan Global untuk menilai kemajuan berdasarkan Persetujuan Paris. Laporan Kesenjangan UNEP menghitung bahwa planet ini akan mengalami pemanasan 2,5 hingga 2,9°C bahkan dengan mengasumsikan semua NDC sepenuhnya dilaksanakan. Sekarang adalah waktunya bagi negara-negara untuk bertindak dengan menetapkan jalur ambisius jelas untuk bagaimana kesenjangan yang terungkap oleh Penilaian Keseluruhan akan ditutup sebelum putaran berikutnya dari penyampaian NDC pada 2025.

“Pemerintah memiliki kesempatan di sini untuk memperkuat target dan tujuan mereka untuk memastikan mereka menangani tingkat mitigasi dan pendanaan yang disyaratkan ilmu iklim,” kata Christie Ulman, Presiden Yayasan Iklim Sequoia. “Memasukkan semua gas rumah kaca sebagai bagian dari NDC Paris akan menjadi langkah yang tepat. Target yang lebih kuat ditambah fokus baru pada implementasi sangat kritis — ini satu-satunya cara kita akan melihat tujuan iklim kita terwujud.”

“Selain menjadi polutan yang mempercepat perubahan iklim, metana lebih lanjut memperparah ketidaksetaraan yang disebabkan oleh krisis iklim dan secara tidak proporsional menyakiti yang paling rentan di antara kita,” kata John Palfrey, Presiden Yayasan John D. dan Catherine T. MacArthur. “Pengurangan langsung emisi metana sangat penting bagi masyarakat garis depan yang menderita dampak terburuk polusi metana dan perubahan iklim.”

“Darurat iklim memerlukan tindakan cepat dalam skala untuk mendekarsifikasi sistem energi,” kata Kate Hampton, CEO Yayasan Anak-anak untuk Iklim. “Ini juga memerlukan mengurangi polutan iklim super seperti metana secepat mungkin.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

EVE Energy Membawa Tampilan Produk Baterai untuk Pameran Rantai Pasok Internasional China

Sab Des 2 , 2023
(SeaPRwire) –   BEIJING, 2 Desember 2023 — EVE Energy Co., Ltd., (“EVE Energy”) produsen baterai litium-ion terkemuka global, memperkenalkan produk baterai konsumen, daya, dan penyimpanan energi terbarunya di China International Supply Chain Expo (CISCE) 2023 pertama di Beijing, untuk mendemonstrasikan komitmennya terhadap emisi karbon rendah dan praktik industri berkelanjutan. […]