Fantastis! Vas Antik China Berhasil Dijual Seharga Rp26 M

https: img.okezone.com content 2020 12 30 18 2336447 fantastis-vas-antik-china-berhasil-dijual-seharga-rp26-m-l5614drEEN.jpg

CHINA – Siapa menduga jika vas bunga di China yang awalnya seharga 450 poundsterling (Rp8,5 juta) berhasil dijual di rumah lelang dengan harga mengejutkan. Yakni seharga 1,36 juta poundsterling (Rp26 miliar).

Vas celadon setinggi 50 sentimeter ini diketahui sudah dimiliki keluarga Irlandia selama 82 tahun terakhir. Awalnya vas bunga ini dianggap sebagai vas bunga biasa.

Nenek moyang dari vendor yang tidak disebutkan namanya membelinya dengan harga murah di lelang pada tahun 1938. 

Penawarannya dimulai dengan harga rendah 450 poundsterling (Rp8,5 juta). Namun angka ini terus merangkak naik dan akhirnya terjual ke penawar tertinggi dari Taiwan.

Ketok palu terakhir di pelelangan adalah 1,1 juta poundsterling (Rp21 miliar). Lalu dengan biaya tambahan menjadi 1,36 poundsterling (Rp26 miliar).

Vas ini dijual oleh pelelangan Sheppard dari County Laois di Irlandia.

(Baca juga: Pesta di Pantai, Pemerintah Australia Ancam Batalkan Visa)

Juru lelang Philip Sheppard mengatakan dia tahu vas itu adalah bagian yang penting, tetapi sulit untuk memprediksi harga keramik China.

“Vas itu telah menjadi koleksi pribadi Irlandia sejak 1938 ketika dibeli di pelelangan umum di Irlandia, turun dari generasi ke generasi,” terangnya, dikutip Daily Mail.

“Kami dan vendornya sama-sama menyadari ini adalah bagian penting, tetapi sangat sulit untuk menghargai keramik China,” ungkapnya.

“Itu adalah perkiraan konservatif dan peran kami sebagai rumah lelang adalah membawa vas tersebut ke pembeli potensial,” jelasnya.

“Ini adalah hasil yang fenomenal dan ada perasaan yang menggetarkan saat penawaran naik dan naik sampai vas itu diakuisisi oleh pembeli dari Taiwan,” tambahnya.

Vas itu memiliki pegangan “naga ganda” yang langka dan memiliki tanda enam karakter dari Kaisar Cina Yongzheng.

Harga yang dibayarkan penawar tertinggi menunjukkan jika penawar percaya jika vas itu dibuat untuk Yongzheng yang memerintah di Dinasti Qing antara 1722-35.

Di situs web Sheppard, vas tersebut telah diberi deskripsi singkat katalog. “Vas celadon Cina berbentuk amphora yang dihiasi dengan gagang naga ganda, dan tanda segel di alas.”

Hanya segelintir vas “naga ganda” dari ukuran, bentuk, dan lapisan kaca. Salah satunya diketahui ada di Museum Seni Cleveland.

Vas serupa dari zaman Yongzheng lainnya dijual seharga 12,4 juta poundsterling (Rp236 miliar) di pelelangan Christie di Hong Kong pada 2017.

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
1
2

  • #Lelang vas bunga
  • #lelang
  • #Naga
  • #Vas Bunga

Next Post

Ini Ruas Jalan dan Fasilitas Publik yang Ditutup di Malam Tahun Baru

Kam Des 31 , 2020
JAKARTA – Sebagai langkah pencegahan terjadinya kerumunan di malam pergantian tahun 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menutup dan meberlakukan ketat di sejumlah dan lokasi pada hari ini, Kamis (31/12/2020). Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Penutupan dan pengendalian ketat di sejumlah fasilitas publik […]