Euroclear mencatat kinerja yang kuat pada 2023

(SeaPRwire) –   BRUSSELS, Feb. 1, 2024 Hasil untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2023

Pokok-pokok keuangan

Euroclear terus memisahkan pendapatan terkait sanksi Rusia dari hasil keuangan dasar dan mempertahankan keuntungan ini sampai pedoman lebih lanjut diberikan tentang distribusi atau pengelolaan keuntungan tersebut.

  • Pendapatan bisnis dasar mencapai rekor EUR 1,658 juta, meningkat 3% dari tahun ke tahun.
  • Laba bersih dasar meningkat 63% menjadi hampir EUR 1 miliar, didorong oleh kinerja bisnis yang kuat dan lingkungan suku bunga tinggi.
  • Beban operasi dasar meningkat 14% menjadi EUR 1,290 juta, atas inflasi yang lebih tinggi dan peningkatan investasi sejalan dengan ambisi strategis kami untuk mengembangkan kapabilitas digital dan infrastruktur TI. Dampak inflasi terhadap tenaga kerja grup dan biaya non-gaji menyebabkan peningkatan sekitar 5% dibandingkan 2022.
  • Pendapatan bunga bersih adalah EUR 5,5 miliar, dimana EUR 4,4 miliar terkait dengan bunga terkait sanksi Rusia.
  • Sanksi Rusia dan tindakan balasan mengakibatkan biaya langsung sebesar EUR 62 juta dan kerugian pendapatan bisnis sebesar EUR 24 juta.
  • Penurunan nilai grup tercatat pada 2023 dengan total EUR 125 juta, terutama terkait penurunan sebagian goodwill CSD kami di Swedia. Kondisi ekonomi yang lebih sulit dan volume yang lebih rendah ditambah dengan peningkatan biaya diperkirakan akan berlanjut, menyebabkan proyeksi jangka panjang yang lebih rendah. Hal ini mengakibatkan penurunan nilai sebesar EUR 100 juta dari goodwill CSD grup di Swedia.
  • Euroclear mencapai marjin EBITDA dasar 57,4%, meningkat 9,7 poin persentase dibandingkan 2022.
  • Laba per saham dasar meningkat 63% menjadi EUR 312,1 per saham, mencerminkan peningkatan laba bersih yang berkelanjutan.
  • Dewan mengusulkan untuk membayar dividen per saham sebesar EUR 210 pada kuartal ketiga 2024. Ini mewakili peningkatan 82% dan mempertahankan rasio pembayaran sebesar 60% dari laba dasar.

Lieve Mostrey, Chief Executive Officer of Euroclear Group, commented:

“2023 merupakan tahun lain yang penuh gejolak, dengan ketegangan geopolitik yang mempengaruhi kenyataan ekonomi makro kami dan pasar modal global. Pada saat kompleksitas dan ketidakpastian pasar, menyenangkan untuk mengetahui bahwa basis klien kami yang beragam terus mengandalkan kami untuk keamanan dan efisiensi dalam memproses dan mengamankan aset mereka.

Pada 2023, kami mencapai pendapatan bisnis dasar rekor sebesar EUR 1,658 juta dan laba bersih dasar hampir EUR 1 miliar, didorong oleh kinerja bisnis yang kuat dan lingkungan suku bunga tinggi. Kami juga membuat kemajuan solid dalam merealisasikan tujuan strategis kami, dengan tetap fokus pada klien, sambil terus mengembangkan kapabilitas ESG, data dan digital, dan terus tumbuh bisnis kami secara internasional. Pencapaian kunci termasuk peluncuran layanan Penerbitan Efek Digital (D-SI), koneksi yang berhasil antara Euroclear Bank dan Euroclear Finlandia ke sistem penyelesaian T2S Bank Sentral Eropa dan pembukaan Pusat Teknologi baru di Krakow, memungkinkan kami untuk menciptakan 400 pekerjaan baru. 

“Dengan pengumuman kepemimpinan transisi dan pemilihan Valérie Urbain sebagai penerus saya, ini menjadi laporan kinerja tahun penuh terakhir saya sebagai CEO Euroclear Group. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada rekan-rekan kami di seluruh grup atas komitmen dan dedikasi mereka dalam menghasilkan kinerja yang kuat lainnya, melayani klien kami dan berkontribusi untuk melestarikan kepastian, kelancaran, dan keamanan pasar kami.”

 

 

Tinjauan keuangan

Euroclear Holding

(€ juta)

FY 2022

Dampak sanksi
Rusia

FY 2022 Dasar

FY
2023

Dampak sanksi
Rusia

FY 2023 Dasar

Dasar vs 2022

Pendapatan operasi

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Everpro Bekerja Sama dengan SMESCO dan Google Indonesia dalam Meningkatkan UMKM melalui Workshop Bisnis Digital: "UMKM Naik Kelas"

Kam Feb 1 , 2024
(SeaPRwire) –   Program Pelatihan Pembuatan Website dan Landing Page Gratis untuk UMKM akan Diluncurkan di Kota-Kota Besar di Seluruh Indonesia. JAKARTA, Indonesia, 1 Februari 2024 — Everpro, sebuah platform yang menyediakan solusi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Internet Marketer (Imers), dan dropshipper profesional, serta salah satu unit […]