Epidemiolog Prediksi Virus Corona Varian Baru Sudah Masuk Indonesia

https: img.okezone.com content 2020 12 26 337 2334011 epidemiolog-prediksi-virus-corona-varian-baru-sudah-masuk-indonesia-j0DKOu3v1Z.jpg

JAKARTA – Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menyebut varian baru virus Covid-19 dari Inggris telah menyebar ke Indonesia.

Dia menduga jenis baru Covid-19 yang lebih mudah menular itu telah ada di Tanah Air lantaran virus tersebut sudah dilaporkan sejak September lalu. Apalagi, Singapura telah mengonfirmasi kasus pertama virus tersebut sudah ada di negaranya.

“Terkait Covid baru ini sangat besar kemungkinan sudah masuk di Indonesia. Karena sudah terjadinya di September dan dilaporkan Desember,” kata Dicky saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (26/12/2020).

Dia mengatakan, mutasi virus corona yang lebih ganas itu belum ditemukan di Indonesia lantaran jumlah testing dan sistem deteksi dini Covid-19 Indonesia belum memadai.

Selain itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sistem pengetatan di perbatasan dan pintu masuk Indonesia yang relatif longgar juga berpotensi mengakibatkan virus tersebut telah berada di Tanah Air.

“Memang ini tidak menyebabkan keparahan besar. Tapi dengan semakin efektif dan efesiennya dia melakukan replikasi dan infeksi ini akan berdampak pada sistem pelayanan kesehatan,” jelas Dicky.

Dicky menegaskan, pandemi Covid-19 Indonesia belum terkendali. Sehingga, varian baru Covid-19 berpotensi mengganggu keberhasilan program vaksinasi Covid-19 ke depan.

Baca Juga : Wamenkes Minta Media Angkat Isu Positif Ketimbang soal Mutasi Corona Inggris

“Dan ini akan mengganggu dari keberhasilan program vaksinasi. Tapi menganggu vaksin Covid-19 ya belum tentu. Tapi kalau mengganggu program vaksinasi ya jelas karena meningkatkan angka reproduksi dengan misalnya angka 2 bisa jadi 3,” tuturnya.

Menurut Dicky, varian baru Covid-19 berdampak pada harus semakin tinggi dan terencananya efikasi vaksin Covid-19.

Varian baru Covid-19 juga bakal menyerang kelompok produktif dan aktif sehingga semakin memberatkan situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Baca Juga : Anggaran Vaksin Covid-19 Rp73 Triliun, Istana: Investasi untuk Keberlangsungan NKRI

“Ini menambah lagi memberatkan dan memperburuk pandemi kita. Saya tidak menakut-nakuti tapi itulah yang harus direspons,” tuturnya.

1
2

  • #Virus Corona Jenis Baru
  • #Epidemiolog
  • #Covid-19 Jenis Baru
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Anak 12 Tahun Cetak Rekor Dunia Guinness, Hafal 39 Nama Maskapai Penerbangan Melalui Ekor Pesawat

Sab Des 26 , 2020
ABU DHABI – Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun berhasil memecahkan Rekor Dunia Guinness dengan menyebutkan nama 39 maskapai penerbangan dari desain ekor pesawat. Siddhant Gumber, yang berasal dari Haryana, India, dan tinggal di Abu Dhabi, dianugerahi sertifikat Guinness karena kemampuannya menyebutkan 39 nama maskapai penerbangan melalui foto ekor pesawat […]