Saya memutuskan menjadi WNI karena, pertama, keluarga

Jakarta () – Bek tengah tim nasional Indonesia berdarah Inggris Elkan Baggott menegaskan bahwa keluarga adalah alasan utama dirinya memilih untuk menjadi warga negara Indonesia.

"Saya memutuskan menjadi WNI karena, pertama, keluarga. Saya bangga bisa mewakili keluarga dan negara (saat memperkuat timnas Indonesia-red)," ujar Elkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (11/11).

Elkan sendiri memiliki seorang ibu berkebangsaan Indonesia dan ayah berkewarganegaraan Inggris. Pesepak bola bertinggi badan 194 centimeter itu lahir di Bangkok, Thailand.

Elkan sudah menerima kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dari pemerintah Indonesia pada Selasa (9/11).

Adapun hal lain yang membuat pemain klub Ipswich Town di Inggris itu memilih jalan sebagai warga Indonesia adalah keberadaan para penggemarnya di Tanah Air.

"Cinta dari para fan membuat saya serasa di rumah," tutur Elkan.

Sudah berstatus WNI, Elkan pun bertekad untuk fokus sepenuhnya ke tim nasional Indonesia. Dia ingin memberikan prestasi bagi skuad berjuluk "Garuda".

Terdekat, Elkan mau memberikan gelar kampiun Piala AFF pertama untuk Indonesia dengan menjuarai Piala AFF 2020 yang dimulai pada Desember 2021 di Singapura.

"Kami pergi ke turnamen itu dengan tujuan untuk menang dan menjadi juara, tidak sekadar bertanding," kata pria berusia 19 tahun itu.

Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia pun terus menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Baca juga: Shin sebut Egy Maulana-Elkan Baggott bisa bermain pada Piala AFF 2020

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong dijadwalkan berangkat ke Turki pada Kamis (11/11).

Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Sementara di Piala AFF 2020, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 digelar secara terpusat ln pandemi COVID-19.

Baca juga: Shin ingin beberapa pemain keturunan dari luar negeri perkuat timnas
Baca juga: PSSI: Elkan Baggott nyatakan setia kepada timnas Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2021