Dukungan CEFC terhadap Virescent Ventures memperkuat posisinya sebagai VC khusus teknologi iklim terbesar di Australia dengan portofolionya melampaui $260 juta

(SeaPRwire) –   SYDNEY, Jan. 29, 2024Australia pendiri VC teknologi iklim hari ini menegaskan portofolionya khusus melebihi $260 juta, telah mendukung 33 bisnis dan dana/inkubator inovatif teknologi iklim.

Kristin Vaughan,Managing Partner of Virescent Ventures
Kristin Vaughan,Managing Partner of Virescent Ventures

Luas dan ukuran portofolio ini memperkuat posisi kepemimpinan Virescent Ventures dalam mendorong investasi kritis baru dalam berbagai bisnis Australia yang akan memainkan peran kunci dalam pencapaian ambisi net zero Australia.

Virescent Ventures didirikan oleh Clean Energy Finance Corporation (CEFC) pada 2022 untuk mengelola portofolio teknologi iklim awal khususnya (awalnya terdiri dari Clean Energy Innovation Fund Fund I).

Dengan dukungan dari CEFC, Virescent Ventures sedang mencari dana baru (Fund II) yang menargetkan sekitar $200 juta untuk lebih lanjut mencatatkan investasi sektor swasta dalam peluang teknologi iklim Australia, dengan fokus khusus pada investor canggih/ritel. Dana baru ini diharapkan akan dibangun oleh CEFC dan melanjutkan mandat investasi serupa.

Tujuan Fund II adalah untuk mendistribusikan lebih lanjut $200 juta atau lebih ke dalam teknologi iklim selama lima tahun ke depan, dengan strategi investasi yang fokus pada empat tematik kunci yang ditujukan untuk mengatasi tantangan transisi iklim dan dekarbonisasi global. 

Pada 23 Januari 2024, portofolio yang dikelola Virescent Ventures untuk CEFC meliputi komitmen di sepanjang tematik ini: 

  1. Transisi energi bersih (dengan ~$115 juta, 44 persen dari portofolio)
  2. Pangan dan pertanian (~$28 juta, 11 persen)
  3. Ekonomi sirkular dan industri (~$53 juta, 20 persen) 
  4. Mobilitas dan kota pintar (~$48 juta, 18 persen)

Sisa ~7 persen dari portofolio (~$18 juta) termasuk eksposur terhadap dana benih khusus dan inkubator.

  1. Dekarbonisasi Transportasi: 20 persen modal yang dikomitmenkan, di CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  2. Dekarbonisasi pembangkit listrik: 21 persen di CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  3. Dekarbonisasi pangan dan pertanian berkelanjutan: 11 persen di Bio, CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  4. Teknologi pendukung termasuk IoT industri dan efisiensi energi: 9 persen ke perusahaan seperti CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  5. Manajemen jaringan terdesentralisasi: 8 persen di CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  6. Hidrogen hijau: 15 persen di CEFC dan Virescent Ventures.
  7. Ekonomi sirkular: 5 persen di Eco, CEFC, Virescent Ventures, dan lainnya
  8. Sumber daya: 5 persen di CEFC dan Virescent Ventures

Salah satu investasi terbaru adalah Metals, mendukung skalabis dan komersialisasi teknologi daur ulang baterai litium-ionnya. Dana akan digunakan untuk mendirikan pabrik uji coba di Perth, WA, mempercepat konstruksi pabrik demonstrasi skala besar dengan kapasitas mendaur ulang hingga 1,5000 ton limbah baterai per tahun, dan memperluas tim saat perusahaan membangun industri daur ulang di Australia dan membangun kehadiran global.

Virescent Ventures percaya industri teknologi iklim Australia yang sedang berkembang menawarkan investor salah satu sektor yang paling menarik untuk mencapai imbal hasil luar biasa dan alfa portofolio.

Fokus Virescent Ventures telah pada tahap Seri A atau benih (dengan hanya beberapa investasi tahap akhir). Filosofi investasi aktif Virescent Ventures dapat menambah nilai signifikan bagi pendiri dan tim dengan membantu mereka tumbuh dan berskala.

Kristin Vaughan, Managing Partner of Virescent Ventures, mengatakan: Ben Gust, Blair Pritchard, dan saya sangat bangga telah membangun portofolio yang sangat kuat dan berkinerja tinggi setelah aktif berinvestasi bersama sebagai Mitra selama hampir enam tahun.”

“Kami juga bangga akan warisan kami dengan CEFC dan menghargai dukungan dan investasi berkelanjutan dari salah satu ‘green bank’ terbesar di dunia. Hal ini telah memainkan peran penting dalam mempromosikan, dan mencatatkan investasi ke dalam, solusi transisi iklim dan dekarbonisasi. Inovator dalam negeri juga dapat membantu Australia memanfaatkan ekonomi berkelanjutan masa depan.”

“Kami juga sangat gembira untuk bekerja menuju penduplikasian ukuran portofolio ini dengan dukungan investor institusional dan swasta lokal dan global tambahan ke dalam Dana Kami yang akan datang. Penilaian dalam portofolio saat ini tetap tangguh, dengan perusahaan portofolio terus tumbuh dan melampaui kondisi pasar yang sulit. Hal ini menguatkan strategi investasi dan keyakinan kami bahwa VC teknologi iklim adalah alternatif investasi yang menarik secara komersial.”

CEFC memiliki kepemilikan minoritas di Virescent, dengan CEO Ian Learmonth memimpin sebagai direktur non-eksekutif dan anggota Komite Investasi. 

CEO CEFC Ian Learmonth mengatakan: “Sektor teknologi iklim memiliki potensi besar untuk mempercepat transisi menuju net zero. Dengan tidak ada solusi tunggal untuk tantangan yang kompleks dari dekarbonisasi seluruh ekonomi, berbagai sektor yang dicakup oleh investasi teknologi iklim CEFC akan menjadi kritis dalam perlombaan kami menuju net zero. Inovator dalam negeri juga dapat membantu Australia memanfaatkan ekonomi berkelanjutan masa depan.”

“Tim Virescent Ventures memiliki rekor yang luar biasa dalam mengembangkan dan mengelola portofolio teknologi iklim yang menarik. Kami berharap untuk terus bekerja sama dengan mereka saat mereka mengejar penutupan pertama dan membawa modal dan keahlian yang sangat dibutuhkan ke sektor ini.”

Virescent Ventures () adalah perusahaan VC teknologi iklim terbesar, paling berpengalaman, dan paling aktif di Australia. Berinvestasi pada tahap pra-benih hingga tahap akhir perangkat lunak dan perangkat keras perusahaan yang memecahkan masalah terbesar dunia: perubahan iklim. Sejak 2016 telah membangun portofolio lebih dari $245 juta yang dikomitmenkan ke lebih dari 33 peluang melalui Clean Energy Finance Corporation (CEFC). 

Tentang CEFC

CEFC adalah investor ahli dengan pengalaman yang mendalam: kami adalah ‘green bank’ Australia, berinvestasi dalam transisi kami menuju emisi net zero pada 2050 dengan akses ke lebih dari $30 miliar dari Pemerintah Australia, kami mendukung dekarbonisasi seluruh ekonomi, dari energi terbarukan dan modal alam hingga efisiensi energi, bahan bakar alternatif dan bahan rendah karbon. Secara paralel, kami fokus pada transformasi jaringan energi kami, mendukung perumahan berkelanjutan dan mendukung pertumbuhan inovator teknologi iklim kami. Kami bekerja sama dengan mitra investasi, industri dan Pemerintah, menyadari urgensi tugas dekarbonisasi. Kami juga berinvestasi dengan disiplin komersial, bertujuan untuk memberikan imbal hasil positif di seluruh portofolio.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Pendekatan Empat Proaktif Tempat Kerja untuk Berkembang di Tengah Pergeseran Ekonomi Global Menurut Pandangan HR EngageRocket 2024

Sen Jan 29 , 2024
(SeaPRwire) –   SINGAPURA, 29 Jan. 2024 — Pandemi COVID-19 menekankan perlunya kepemimpinan yang tangguh di perusahaan, yang kini beradaptasi dengan tantangan baru seperti ketegangan geopolitik, inflasi, dan kekhawatiran ESG. Faktor-faktor ini memerlukan strategi organisasi yang proaktif untuk kesuksesan. , dengan mengambil wawancara dengan lebih dari 100 pemimpin SDM global […]