DPR Ingatkan Menkes Baru Soal 3 Tantangan Besar Selain Pendemi Covid-19

https: img.okezone.com content 2020 12 24 337 2333159 dpr-ingatkan-menkes-baru-soal-3-tantangan-besar-selain-pendemi-covid-19-ehiqwgS7O8.jpg

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengungkapkan tugas berat yang harus diselesaikan Menteri Kesehatan (Menkes) baru, Budi Gunadi Sadikin adalah memperbaiki mitigasi pendemi corona atau Covid-19.

Menurut Kurniasih, pencegahan terhadap penyebaran kasus corona di Indonesia belum berjalan maksimal.

“Kita berharap semua yang sudah dibahas oleh Menkes sebelumnya dengan Komisi IX DPR dijalankan, khususnya perbaikan mitigasi pandemi Covid-19 dan urusan vaksinasi yang menjadi PR (pekerjaan rumah) besar,” kata Kurniasih kepada Okezone, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Dana Covid-19, DPR: Ini Sasaran Empuk Koruptor, Harus Benar-Benar Dijaga KPK

Namun kata Kurniasih, selain persoalan mitigasi dan vaksinasi ada hal mendasar yang juga musti diselesaikan oleh Menkes. Pertama adalah persoalan reformasi sistem kesehatan masyarakat yang hingga saat ini belum menemukan formulasi yang tepat.

“Kedua peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat juga masalah klasik yang selama ini belum (pernah) selesai,” ujarnya.

Baca juga:  Ada Varian Baru Corona di Inggris, Begini Respons Kemenkes

Politikus PKS itu juga mengingatkan, tantangan lainnya bagi Menkes Budi yakni bagaimana meningkatkan rangking kesehatan Indonesia di mata dunia.

Menurutnya angka Indonesia masih sangat memerihatinkan khususnya perihal stunting yakni gagalnya pertumbuhan pada anak atau kekurangan gizi. “Saat ini angka kematian ibu dan angka stunting masih 5 besar tertinggi di ASEAN,” tandasnya.

Sebagai informasi, Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan Terawan sebagai Menkes dalam Kabinet Indonesia Maju.

Untuk mengatasi persoalan kesehatan, Budi akan memimpin bersama Dante Saksono Harbuwono yang ditunjuk sebagai wakil menteri kesehatan.

1
2

  • #Pandemi Covid-19
  • # Tantangan Pandemi Covid-19
  • #Kemenkes RI
  • #DPR RI
  • #Menkes Budi Gunadi Sadikin

Next Post

Puncak Arus Mudik Nataru di Tol Cipali Diprediksi Hari Ini

Kam Des 24 , 2020
PURWAKARTA – Pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memprediksi puncak arus lalu lintas pada musim libur Natal, dan Tahun Baru berlangsung selama tiga hari dengan jumlah 94.636 hingga 95.675 kendaraan yang melintas. “Prediksi puncak lalu lintas libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) terjadi pada 24 dan 27 Desember 2020,” kata General […]