DPR: Infonya Surat Calon Kapolri Akan Dikirim Januari 2021

https: img.okezone.com content 2020 12 21 337 2331229 dpr-infonya-surat-calon-kapolri-akan-dikirim-januari-2021-GwcspiNCZ0.jpg

JAKARTA – Hingga hari ini, Pimpinan DPR RI belum kunjung menerima surat usulan pengangkatan calon Kapolri dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), karena Kapolri Jenderal Pol Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang.

Hal ini diakui langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin saat dihubungi SINDOnews, Minggu (20/12/2020) malam.

“Belum ada (surat pengangkatan calon Kapolri),” jawab Azis lewat layanan pesan singkat.

Baca Juga:  Kompolnas Belum Kerucutkan Nama Calon Kapolri 

Namun demikian, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mendapatkan informasi bahwa surat tersebut akan dikirimkan Presiden ke DPR RI pada Januari 2021.

“Infonya Januari (surat dikirim ke DPR),” ungkap legilastor Dapil Lampung ini.

Diketahui, Komisi Kepolisian Nasionam (Kompolnas) masih dalam proses menyeleksi nama-nama perwira tinggi Polri yang memenuhi syarat sebagaimana Undang-Undang Nomor 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republi Indonesia (UU Polri) sebagai calon Kapolri, untuk selanjutnya diberikan kepada Presiden.

Baca Juga:  IPW: Istana Sedang Menimbang 2 Nama Calon Kapolri, Januari Keluar Pengganti Idham Azis

Ketika surat usulan dari Presiden Jokowi sudah masuk ke DPR RI, surat ini akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR RI untuk kemudian dibahas dalam Rapat Pimpinan (Rapim) DPR dan Rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk diserahkan ke Komisi terkait, dalam hal ini Komisi III DPR untuk memprosesnya.

(Ari)

  • #Presiden jokowi
  • #Bursa Kapolri
  • #polri
  • #Calon Kapolri
  • #DPR RI

Next Post

Muhammadiyah Koreksi Waktu Subuh Kemenag, Ini Penjelasannya

Sen Des 21 , 2020
JAKARTA – Muhammadiyah melakukan koreksi waktu Subuh yang ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag). Hal tersebut berdasarkan temuan lembaga penelitian dan ilmu falak Muhammadiyah. Menukil dari situs Muhammadiyah, berdasarkan Alquran dan al-Hadis menunjukkan bahwa waktu subuh ditentukan oleh fenomena alam. Pandangan-pandangan para ulama-astronom pun diperlihatkan untuk menambah referensi terkait ketentuan waktu subuh […]