Denda Progresif PSBB Transisi di Jakarta Dinilai Tak Efektif

https: img.okezone.com content 2020 10 13 338 2292618 denda-progresif-psbb-transisi-di-jakarta-dinilai-tak-efektif-nxK6wiV5lW.jpg

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan denda progresif, kepada para pelaku usaha yang tak menerapkan protokol kesehatan, di masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) transisi.

Mengenai hal tersebut, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan, denda progresif yang sebagaimana diterapkan Pemprov DKI dianggap tak bakal menciptakan kedisplinan warga.

“Denda progresif tidak meciptakan kedisiplinan warga,” kata Gembong kepada Okezone di Jakarta, Selasa (13/10/2020).

 Baca juga: 

PSBB Transisi Jakarta : Taman Dibuka Kembali, Tempat Ibadah Harus Data Pengunjung

TMII Buka Kembali, Pengunjung Dilarang Dekati Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

Pemprov DKI Tidak Atur Operasi Yustisi Masker Dalam Pergub PSBB Transisi   

Menurut Gembong, sejatinya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Ibu Kota kunci keberhasilannya adalah kedisiplinan masyarakat.

Oleh sebab itu, lanjut Gembong, saat ini Pemprov DKI Jakarta diharapkan membangun kesadaran kolektif masyarakat Jakarta untuk menaati protokol kesehatan.

“Yang harus dibangun adalah penyadaran kolektif warga Ibu Kota untuk taat penerapan protokol kesehatan,” tandasnya.

 

Pemprov DKI Jakarta menerapkan denda progresif kepada para pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, yang dimulai pada Senin 12 Oktober 2020.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 101 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

Pelaku usaha dikenakan denda progresif, jika telah berulangkali melakukan kesalahan hingga denda mencapai 3 kali lipat atau sebesar Rp150 juta.

1
2

  • #Gubernur Anies Rasyid Baswedan
  • #Pemprov DKI Jakarta
  • #Langgar Aturan PSBB
  • #Kembali PSBB Transisi
  • #PSBB Transisi Jilid II
  • #PSBB Transisi Jakarta

Next Post

Usai Test Terakhir, Donald Trump Negatif Covid-19

Sel Okt 13 , 2020
WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah dites negatif untuk Covid-19, dan dia tidak menularkannya ke orang lain, demikian kata dokter Gedung Putih. “Saya dapat berbagi dengan Anda bahwa dia dites negatif, pada hari-hari berturut-turut, menggunakan kartu antigen Abbot BinaxNOW,” kata Sean Conley dalam memo Gedung Putih […]