Daerah Risiko Tinggi Virus Corona Bertambah, Satgas Covid-19 Minta Pemda Serius

https: img.okezone.com content 2020 12 16 337 2328412 daerah-risiko-tinggi-virus-corona-bertambah-satgas-covid-19-minta-pemda-serius-0vrjhwWio1.jpg

JAKARTA – Perkembangan peta zonasi risiko penularan Covid-19 pekan ini masih belum menunjukkan hasil membaik. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyayangkan bertambahnya daerah yang masuk zona risiko tinggi.

“Sangat disayangkan pada minggu ini jumlah kabupaten kota yang berada di zona risiko tinggi mengalami peningkatan yang signifikan. Pada minggu lalu sebanyak 47 kabupaten kota berada pada zona risiko tinggi. Namun jumlah ini meningkat menjadi 64 kabupaten kota pada minggu ini,” katanya dikutip dari keterangan persnya, Rabu (16/12/2020).

Dia menyebut zonasi risiko minggu ini pun terlihat sama seperti tren yang terjadi sebelumnya. Dimana ayoritas kabupaten/kota masih merasa nyaman untuk berada di risiko sedang atau zona oranye. Jumlah daerah yang masuk zona oranye pekan ini jumlahnya pun meningkat menjadi 380 dari 371 kabupaten/kota pada pekan lalu.

“Zona risiko rendah mengalami penurunan yang signifikan yaitu dari 84 kabupaten kota pada minggu lalu menjadi 59 kabupaten kota pada minggu ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun, Satgas Minta Daerah Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

Pada zona hijau tidak ada kasus baru meningkat menjadi 7 dari 6 kabupaten/kota pekan sebelumnya. Sementara zona hijau tidak terdampak pun menurun jumlahnya menjadi 4 dari 6 kabupaten/kota pekan sebelumnya.

Wiku mminta agar daerah menyikapi zonasi ini secara serius.

“Ini tentunya harus disikapi secara serius. Ingat, zona risiko sedang bukan zona aman, sedikit lengah maka kabupaten/kota dapat berpindah ke zona yang lebih tinggi dan lebih berbahaya,” tuturnya.

Wiku meminta upaya 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) terus dimasifkan. Selain itu penegakan disiplin protokol kesehatan di tengah-tengah masyarakat agar lebih digencarkan.

(kha.-)

  • #Satgas Covid-19
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Virus Corona

Next Post

TNI AU terus gali dan bina potensi dirgantara pada setiap daerah

Rab Des 16 , 2020
Kita membina potensi-potensi dirg yang dimiliki daerah-daerah Ende – Komandan Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang Kolonel Pnb Bambang Juniar mengatakan bahwa keberadaan TNI AU di NTT tidak hanya dalam rangka mengamankan wilayah, namun juga mencari dan membina potensi dirg yang ada di setiap daerah khususnya di provinsi berbasis kepulauan […]