Covid-19 Makin Mengganas, Epidemiolog: Testing Sudah Harus 100 Ribu per Hari

https: img.okezone.com content 2020 12 05 337 2322035 covid-19-makin-mengganas-epidemiolog-testing-sudah-harus-100-ribu-per-hari-g2j1TU557Q.jpg

JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan lima hari lagi. Kondisi pesta demokrasi berbeda dengan sebelumnya lantaran dilakukan saat Pandemi Covid-19.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengimbau untuk mencegah terjadinya klaster Pilkada, maka wilayah yang melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan itu harus memperkuat testing.

“Tes sudah harus 100 ribu per hari (minimal) secara nasional, dan terutama pada daerah yang akan Pilkada, testing tracing harus optimal,” kata Dicky kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (5/12/2020).

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), masing-masing wilayah itu setidaknya harus melakukan tes sebanyak 30 ribuan per harinya.

“Supaya meminimalisir risiko adanya orang yang terinfeksi tapi tidak terdeteksi,” ujar Dicky.

Optimalisasi testing, kata Dicky, lantaran, selama ini Indonesia masih menjadi salah satu negara yang paling rendah terkait dengan kebutuhan tes virus corona.

“Posisi tes kita masih salah satu yang terendah di dunia. Artinya banyak kasus infeksi Covid-19 di masyarakat yang berkeliaran dan tidak terdetksi juga tidak terkendali,” ucap Dicky.

Oleh sebab itu, dikatakan Dicky, pelaksanaan Pilkada bisa menjadi ancaman sendiri dalam penyebaran virus corona. Pasalnya, hal itu memengaruhi mobilitas dan interaksi masyarakat.

“Artinya bila ada Pilkada akan banyak kasus infeksi karena mobilitas dan interaksi manusia meningkat,” ujar Dicky.

(kha)

  • #Pilkada 2020
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona

Next Post

Diminta Datang, Ini Arti Penting Kehadiran Trump di Pelantikan Biden

Sab Des 5 , 2020
WASHINGTON DC – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden meminta petahana Donald Trump untuk hadir pada pelantikannya, 20 Januari 2021. Menurut Biden, kehadiran Trump memiliki arti penting bagi Amerika Serikat. Berbicara dengan Jake Tapper dari CNN bersama Wakil Presiden terpilih Kamala Harris dalam wawancara bersama pertama mereka sejak pemilihan […]