Cegah Penyebaran Corona, 4,5 Juta Emak-Emak PKK Bakal quot;Gebrak Maskerquot;

https: img.okezone.com content 2020 08 11 337 2260123 cegah-penyebaran-corona-4-5-juta-emak-emak-pkk-bakal-gebrak-masker-bMx4aihfp8.jpg

JAKARTA – Sebanyak 4,5 juta kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang tersebar di kota dan desa bakal terlibat dalam gerakan bagi masker dan sosialisasi protokol kesehatan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Hal itu menyusul adanya instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“PKK akan all out,” ujar Ketua Umum TP (Tim Penggerak) PKK Tri Tito Karnavian melalui keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Kampanye Penggunaan Masker Didukung, Satgas Covid-19 Bangga dan Berterima Kasih

Penegasan itu dikatakan saat Rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan, serta Jaga Jarak untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi Covid-19 di Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Tri, TP PKK mengusung gerakan PKK Gebrak Masker, yang merupakan Gerakan Bersama Memakai Masker. Melalui gerakan tersebut, diharapkan masyarakat tak lagi memiliki alasan untuk tidak memiliki masker.

“Setelah kita memberi masker, kita bisa mensosialisasikan gunanya masker, pemakaian masker yang benar,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Dorong Kepala Daerah Kampanye Pakai Masker

Pihaknya mengimbau kegiatan tersebut untuk dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga, bisa terus memetakan daerah yang memerlukan masker.

Ketua Satgas Covid-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo meyakini dengan melibatkan PKK dalam mempercepat penanganan Covid-19. Menurutnya, peran ibu-ibu sangat strategis dalam melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19.

“Peran Ibu sangat strategis dalam melakukan sosiallisasi untuk keluarga, karena saya yakini keterlibatan kader PKK akan membuahkan hasil yang signifikan dalam penanganan Covid-19,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, para Gubernur se-Indonesia, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia, Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten dan Kota dan para Kepala BPBD Provinsi.

(Ari)

  • #PKK
  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Virus Corona


Loading…

Next Post

Polisi Selidiki Ledakan dan Kebakaran di Pabrik Bioetanol

Sel Agu 11 , 2020
MOJOKERTO – Polres Mojokerto Kota langsung melakukan penyelidikan terjadinya ledakan dan kebakaran di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Polisi memastikan jika akibat ledakan dan kebakaran menyebabkan korban luka 10 orang dan satu meninggal dunia. Pascainsiden ledakan dan kebakaran pabrik, polisi telah melakukan […]