Jakarta () – ​​​​​​Borneo FC meredam ambisi Persebaya untuk mengakhiri Liga 1 2021/2022 dengan kemenangan setelah menumbangkannya 2-1 pada laga pekan ke-34 di Stadion Gelora Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu malam.

Dua gol Borneo FC disumbangkan Wawan Febrianto dan Francisco Torres, sedangkan satu-satunya gol Bajul Ijo dicetak oleh Taisei Marukawa.

Babak pertama, Pesut Etam langsung menggebrak pertahanan Persebaya dengan gol cepat yang dicetak Wawan Febrianto di menit ke-3.

Gol berawal dari umpan yang dikirimkan Kei Hirose dan langsung dilesatkan Wawan ke gawang Persebaya tanpa bisa diantisipasi kiper Andhika Ramadhani membuat skor menjadi 1-0.

Kebobolan, ternyata membuat Persebaya semakin panas menyerang pertahanan lawan dan menciptakan sejumlah peluang, seperti Bruno Moreira di menit ke-10, namun masih bisa diamankan kiper Borneo FC Gianluca Pandeynuwu.

Akhirnya, gawang Borneo FC bobol di menit ke-23 melalui Taisei yang sukses menembus pertahanan lawan dan membuat skor pertandingan menjadi imbang 1-1.

Lima menit berselang, Borneo FC kembali membobol gawang Persebaya lewat Francisco Torres sehingga menjadikan skor berubah 2-1.

Menjelang babak pertama usai, tak ada tambahan gol yang tercipta sehingga kedudukan 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan sementara Borneo FC.

Babak kedua, tensi pertandingan tak menurun, tetapi malah semakin memanas dengan jual beli serangan yang terjadi meski masih buntu.

Pada menit ke-76, Persebaya nyaris menyamakan kedudukan lewat Supriadi yang mendapat bola liar, tetapi masih bisa dihalau oleh lini pertahanan Borneo FC.

Beberapa peluang dimiliki kedua tim di sisa waktu babak kedua, tetapi tak mampu mengubah kedudukan sehingga laga akhirnya dimenangi Borneo FC dengan skor tipis 2-1.

Dengan kemenangan itu, Borneo FC tetap di peringkat keenam Liga 1 2021/2022 dengan 52 poin, sedangkan Persebaya melorot menjadi peringkat kelima dengan 63 poin.

Baca juga: Borneo FC ogah santai dalam laga pamungkas meski pasti posisi enam
Baca juga: Borneo FC lepas Pelatih Fakhri Husaini jelang berakhirnya Liga 1

Susunan pemain :
Persebaya Surabaya
: Andhika Ramadhani; Ady Setiawan, Alie Sesay, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Muhammad Hidayat, Koko Ari, Samsul Arif, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Hambali Tolib.

Pelatih: Aji Santoso.

Borneo FC: Gianluca Pandeynuwu; Nur Diansyah, Rifad Marasabessy, Javlon Guseynov, Leo Guntara, Terens Puhiri, Jonathan Bustos, Wahyudi Hamisi, Wawan Febrianto, Kei Hirose, Francisco Torres.

Pelatih: Miftahudin Mukson (asisten pelatih).

Baca juga: Gol tunggal Carlos Fortes antar Arema FC menang 1-0 atas PSM
Baca juga: Melvin Platje pastikan Bhayangkara FC tutup musim dengan kemenangan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © 2022