Bengkulu Diguncang Gempa M5,0, BMKG Minta Masyarakat Tenang

https: img.okezone.com content 2020 11 22 340 2313772 bengkulu-diguncang-gempa-m5-0-bmkg-minta-masyarakat-tenang-nPitJ8KKYQ.JPG

BENGKULU – Gempa tektonik dengan Magnitudo (M=) 5,0 mengguncang Provinsi Bengkulu, pada Sabtu (21/11/2020), pukul 23.58 WIB. Gempa ini berlokasi di 4.27 Lintang Selatan (LS) – 102.11 Bujur Timur.

Di mana gempa itu berada di 55 Kilometer (Km) Barat Daya, Kota Bengkulu, 56 km Barat Daya, Kabupaten Seluma, 68 km Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan 86 km Barat Daya, Kabupaten Kepahiang, pada kedalaman 10 Km.

Staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Malik Krisbudianto mengatakan, gempa M=5,0 merupakan gempa dengan kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kota Bengkulu.

Gempa itu, kata Malik, dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu. Seperti, Kabupaten Kepahiang, dengan II MMI, Kota bengkulu III-IV MMI.

”Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Malik, saat dikonfirmasi okezone, Sabtu (21/11/2020).

Gempa di Kota Bengkulu, terang Malik, merupakan gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi. Di mana hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

”Masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian Malik.

(kha)

  • #BMKG
  • #Gempa Bengkulu
  • #gempa
  • #Gempa Bumi

Next Post

Polisi Bantah Video Viral FPI Serang Iring-iringan TNI di Petamburan

Ming Nov 22 , 2020
Jakarta – Polisi membantah video viral adanya kerusuhan di kawasan DPP FPI di Petamburan, Jakarta Pusat. Polsek Tanah Abang, memastikan kawasan Petamburan masih kondusif. “Kondusif sekal. Suasana di mulut gang pun sama halnya dengan gang lain pada umumnya,” ucap Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, AKP Haris Ahmad, saat dihubungi, Sabtu […]