Jakarta () – Bek kiri anyar Persija, Firza Andika, optimistis Indonesia meraih medali emas sepak bola putra SEA Games 2021, Vietnam, yang terakhir kali diukir pada SEA Games 1991.

“Saya sangat optimistis karena pemain asuhan pelatih Shin Tae-yong bagus-bagus dan mempunyai karakter yang kuat,” ujar Firza dalam laman PSSI di Jakarta, Jumat.

Pesepak bola berusia 22 tahun itu berpeluang  terlibat dalam perjuangan mengejar emas SEA Games 2021 karena namanya masuk 29 pemain tim nasional U-23 Indonesia yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Firza berjanji memberikan kemampuan terbaik demi terpilih menjadi salah satu pemain yang berangkat ke Vietnam.

“Saya memang menargetkan bermain kembali di SEA Games 2021 atau timnas senior di Piala AFF 2022 nanti. Itulah kenapa saya berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap kompetisi,” tutur pria kelahiran Medan, Sumatra Utara, itu.

Pada cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021, Indonesia bergabung dalam Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste dan tuan rumah Vietnam.

Skuad Garuda Muda memulai perjalanannya  dengan melawan Vietnam pada 6 Mei, Timor Leste 10 Mei, Filipina 13 Mei dan Myanmar 15 Mei.

Soal adanya Vietnam dalam Grup A, Firza yakin timnas U-23 Indonesia akan menundukkan mereka. Tidak kalah lagi seperti ketika kedua tim bertemu pada final sepak bola putra SEA Games 2019, Filipina. Ketika itu, Indonesia, yang juga diperkuat Firza, tunduk 0-3.

“Insyaallah Indonesia akan memenangkan pertandingan melawan Vietnam, lalu terus melaju dan menjadi juara,” kata dia.

Timnas U-23 tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta sampai 12 April 2022. Setelah itu, mereka melanjutkan TC di Korea Selatan.

Baca juga: Latihan timnas U-23 fokus operan dan transisi

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022