Jakarta () – Tak terasa, penyelenggaraan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim ini, BRI Liga 1 2021/2022, yang diikuti 18 klub hampir rampung, setelah dimulai secara resmi pada 28 Agustus 2021.

Kedelapan belas tim sudah 32 kali bertanding.  Mereka saling memperebutkan posisi terbaik dalam klasemen dan berjuang agar tidak terdegradasi musim depan.

Kini, tinggal menyisakan dua laga untuk mengakhiri kompetisi yang harus dilakoni setiap tim guna memperbaiki peringkat atau lepas dari ancaman degradasi.

Di papan atas klasemen, sementara ada dua klub dengan perolehan poin yang sangat mencolok, yakni Bali United di puncak klasemen dengan 72 poin, diikuti Persib Bandung pada posisi kedua dengan 67 poin.

Tim-tim di bawahnya terpaut terlalu jauh untuk mengejar perolehan poin, seperti Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, dan Arema FC, sehingga harus memupuskan harapan menjadi juara.

Namun, perjuangan Persib untuk mengejar gelar kampiun tidaklah mudah, apalagi dengan selisih perolehan poin yang tidak sedikit, yakni lima poin.

Ditambah lagi, Serdadu Tridatu, julukan Bali United, memiliki catatan lebih baik dari dua kali head to head dengan Persib, yakni satu kali menang dan sekali imbang.

Hasil seri 2-2 diraih Bali United saat menghadapi Persib Bandung pada pertandingan BRI Liga 1 2021 pekan ketiga dan menang tipis 1-0 pada laga pekan ke-19.

Artinya, Bali United berhak menjuarai kompetisi musim ini seandainya memiliki jumlah poin yang sama dengan tim berjuluk Pangeran Biru tersebut hingga pertandingan terakhir.

Mau tidak mau, Persib harus menyapu bersih dua laga sisa, yakni melawan Persik Kediri dan Barito Putera untuk menyalip Bali United dan berharap tim asuhan Stefano Cugurra tak bisa meraih poin dalam dua laga tersisa.

Padahal, Bali United cukup membutuhkan satu poin untuk menjadi juara untuk dapat mengukir sejarah sebagai tim pertama yang back to back juara sejak era Liga Indonesia pada 1994.

Peluang Bali United memang lebih besar tampil sebagai juara kompetisi musim ini, tetapi bagaimanapun Maung Bandung juga masih memiliki sedikit harapan.

 

Pesepak bola Bali United Ilija Spasojevic (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persib Bandung Nick Kuipers (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (13/1/2022). FOTO/Fikri Yusuf/hp. ( FOTO/FIKRI YUSUF)

Selanjutnya…siapa terdegradasi?

  • 1
  • 2
  • 3
  • Tampilkan Semua

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2022