Bahas DPT Pilkada, Komisi II Panggil Dirjen Dukcapil, KPU, dan Bawaslu

https: img.okezone.com content 2020 11 19 337 2312058 bahas-dpt-pilkada-komisi-ii-panggil-dirjen-dukcapil-kpu-dan-bawaslu-NyADyxhl73.jpg

JAKARTA – Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyampaikan, pihaknya akan terus memastikan kesiapan dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19.

Dalam rangka memastikan kesiapan tersebut, Doli menyampaikan bahwa pada hari Kamis (19/11/2020), pihaknya berencana akan kembali menggelar rapat bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu.

“Kami akan mengundang khusus lagi kementerian dalam negeri, khususnya Dukcapil dengan KPU dan Bawaslu,” kata Doli.

Baca juga:

Soal Kerumunan, DPR Nilai Pilkada Tak Bisa Dikambinghitamkan

Sanksi ASN Tak Netral di Pilkada: Penurunan Pangkat hingga Pemberhentian

Mengingat turut dihadirkan dari pihak Dukcapil, dia menyebut pembahasan rapat akan berfokus pada kesiapan teknis yang terkait dengan pemilih. Dalam hal ini, tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan KPU beberapa waktu lalu.

“Ada hal-hal teknis yang perlu juga dicermati, misalnya soal DPT,” ujar dia.

 

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) yang terdaftar dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Diketahui, pesta demokrasi lima tahunan ini digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

“Berikut rekapitulasi penetapan DPT dari 270 daerah yang menyelenggarakan pemilihan serentak 2020,” kata Komisioner KPU Viryan Azis melalui keterangan tertulisnya, Selasa 27 November 2020.

Viryan menjelaskan, penyusunan DPT diawali dengan proses pencocokan dan penelitian (coklit) petugas ke tim setiap rumah pemilih. Data yang digunakan untuk coklit merupakan hasil sinkronisasi antara daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 dan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) Pilkada 2020 milik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hasil coklit selanjutnya direkap dan ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara (DPS). Dia memaparkan, ada 100.309.419 pemilih yang ditetapkan di DPS.

“Namun, setelah dilakukan sinkronisasi, terdapat penambahan 49.733 pemilih, sehingga pemilih di DPT menjadi 100.359.152,” ujar Viryan.

1
2

  • #Kemendagri
  • #Bawaslu
  • #KPU
  • #Pilkada Serentak
  • #pilkada serentak 2020
  • #DPR RI

Next Post

Kuasa Hukum Pastikan Habib Rizieq Dalam Kondisi Sehat

Kam Nov 19 , 2020
JAKARTA – Kuasa hukum DPP Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar memastikan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dalam keadaan sehat. “Habib Rizieq Shihab sehat walafiat,” kata Aziz saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (19/11/2020). Baca juga:  Camat Tanah Abang Negatif Covid-19 Usai Dilakukan Swab Test    Polda Metro Buka […]