Merauke () – Bangka Belitung meraih kemenangan pertama dalam cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah mengalahkan Kalimantan Tengah dengan skor 3 – 0.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Katapal Merauke, Selasa, Bangka Belitung langsung memulai inisiatif serangan ketika peluit dibunyikan.

Sepakan jarak jauh pemain Bangka Belitung pada menit dua belum menemui sasaran setelah hanya menyamping di gawang Kalimantan Tengah.

Bangka Belitung kembali mengancam gawang Kalimantan Tengah melalui sepakan Firanda dari luar kotak pinalti namun masih terlalu lemah bagi penjaga gawang Kalimantan Tengah yang dijaga Krisda Marharith Arobaya.

Bangka Belitung akhirnya menceploskan gol pertama melalui Jasmine pada menit 13 setelah sepak pojoknya gagak diantisipasi pemain belakang Kalimantan Tengah.

Bola yang bergerak liar kemudian mengarah ke gawang sendiri dan gagal dibendung oleh kiper setelah sebelumnya membentur tiang gawang.

Bangka Belitung terus mengurung pertahanan Kalimantan Tengah selepas gol pertama. Namun baru pada menit 39 Bangka Belitung mencetak gol kedua melalui Elia Rosalina memanfaatkan sepak pojok. Babak pertama pun berakhir dengan skor sementara 2 – 0 untuk Bangka Belitung.

Di babak kedua Kalimantan Tengah mencoba menyamakan kedudukan dengan memulai inisiatif serangan ke pertahanan Bangka Belitung melalui pemain sayapnya.

Peluang hadir di menit ke 75 ketika pemain nomor 10 Kalteng Jesika Aulia yang baru masuk melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Babel. Namun umpan Jesika kepada Mey Putri Selpia gagal dimanfaatkan setelah tendangannya hanya melambung di atas mistar.

Pemain Bangka Belitung merespon serangan Kalteng dengan sebuah gol yang berhasil dicetak pada menit ke 83 melalui sepakan Vivi Oktavia Rizki yang berhasil melewati kiper Kalteng.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Bangka Belitung berhasil mengamankan kedudukan 3 – 0 atas Kalimantan Tengah. Dengan hasil ini Bangka Belitung mengantongi tiga poin hasil satu kemenangan dan satu kekalahan.

Sementara itu, Kalimantan Tengah masih memiliki peluang lolos ke semifinal. Namun mereka harus melewati hadangan tim sepak bola putri DKI Jakarta yang sebelumnya telah mengalahkan Bangka Belitung 1 – 0.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © 2021