AS Akan Vaksinasi Covid Massal pada 14 Desember Mendatang

https: img.okezone.com content 2020 12 13 18 2326636 as-akan-vaksinasi-covid-massal-pada-14-desember-mendatang-FRGHLGfuE4.jpg

WASHINGTON – Amerika Serikat akan memulai vaksinasi Covid-19 massal pada Senin (14/12/2020) menggunakan vaksin Pfizer.

Pfizer dalam keterangannya mengungkap, gelombang pertama vaksin diberangkatkan dari fasilitas di Kalamazoo, Michigan, pada Sabtu 12 Desember 2020. Vaksin tersebut akan didistribusikan oleh Departemen Pertahanan AS bekerja sama dengan beberapa badan di bawah departemen kesehatan ke seluruh wilayah AS.

Baca juga:  Uji Coba Gagal, Australia Batalkan Pesanan 51 Juta Dosis Vaksin Covid-19 

Pengiriman ini dilakukan setelah panel dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengeluarkan rekomendasi dimulainya vaksinasi massal seiring lonjakan kasus virus corona di negara itu.

Pejabat Angkatan Darat AS, Gustave Perna mengatakan, vaksin akan diprioritaskan untuk kelompok rentan yakni petugas medis serta kalangan lanjut usia yang tinggal di fasilitas perawatan seperti panti jompo.

Baca juga:  ADB Kucurkan Rp126 Triliun Vaksinasi Covid-19 Negara Berkembang

Ditargetkan, 2,9 juta warga AS menjalani vaksinasi Covid-19 gelombang pertama sepanjang Desember 2020.

Dia mengakui butuh persiapan berbulan-bulan karena pendistribusian dan pemberian vaksin kepada sekitar 330 juta penerima menghadapi tantangan logistik yang rumit. Pasalnya, vaksin harus dikirim dalam suhu -70 derajat Celcius.

“Kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kami tidak melakukan victory lap. Kami tahu jalan di depan kami akan sulit,” kata Perna, dikutip dari Reuters, Minggu (13/12/2020).

 

Regulator AS pada Jumat lalu mengeluarkan izin penggunaan vaksin Pfizer sebagai bagian dari Operation Warp Speed.

Restu ini dikeluarkan di tengah lonjakan kasus infeksi virus corona serta ribuan kasus kematian setiap hari. Instalasi perawatan intensif rumah sakit di seluruh wilayah juga sudah hampir kehabisan tempat. Sejauh ini lebih dari 295.000 wawrga AS meninggal akibat Covid-19.

Sementara itu vaksin Pfizer dikirim ke 145 lokasi di seluruh AS pada Senin. Sisa 636 lokasi pengiriman yang sudah ditentukan oleh negara bagian akan menerima dosis pada Selasa dan Rabu.

Mulai pekan berikutnya, Pfizer akan mengirim lebih banyak dosis ke seluruh AS untuk mengejar target 2,9 juta penerima pada bulan ini.

Untuk mendistribusikan vaksin, Pfizer bekerja sama dengan perusahaan logistik United Parcel Service dan FedEx. Selain vaksin, perusahaan ini juga harus mendistribusikan peralatan pendukung lainnya sepeti jarum suntik, dry ice, serta alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan.

1
2

  • #Corona Virus
  • #Virus Corona
  • #Covid-19
  • #AS Vaksinasi
  • #Vaksin COVID-19

Next Post

Brigade Jawara 411 Akan Datangi Polda Metro Minta Ditahan Bersama Habib Rizieq

Ming Des 13 , 2020
JAKARTA – Beredar video yang memperlihatkan anggota dari Brigade Jawara 411 yang akan mendatangi Polda Metro Jaya jika Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab ditahan. Dalam video yang berdurasi selama 1 menit itu memperlihatkan para anggota menyatakan sikap akan datang ke Polda Metro Jaya bila Habib Rizieq […]