Malang, Jawa Timur () – Manajemen Arema FC memutuskan untuk memperpanjang kontrak pelatih asal Portugal, Eduardo Almedia selama dua tahun yang diharapkan mampu menampilkan performa terbaik klub berjuluk Singo Edan itu.

Media Ofiser Arema FC Sudarmaji di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa perpanjangan kontrak mantan pelatih Semen Padang tersebut dilakukan lebih awal dan merupakan persiapan untuk kompetisi musim depan.

"Perpanjangan kontrak untuk Eduardo Almeida melalui pertimbangan matang," kata Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan, salah satu pertimbangan untuk memperpanjang kontrak pelatih tersebut lain adalah, Eduardo Almeida dilibatkan dalam penyusunan kerangka tim pada musim depan.

Menurutnya, manajemen Arema FC beranggapan bahwa Eduardo Almeida merupakan sosok yang sangat memahami kelemahan skuad Singo Edan dan bisa melakukan pembenahan untuk kompetisi musim depan.

"Setelah mengkaji hasil evaluasi yang disampaikan ke manajemen, butuh fase dan proses serta kesempatan bagi pelatih untuk terlibat, mulai penyusunan kerangka tim sampai strategi dalam meraih prestasi," ujar Sudarmaji.

Ia menambahkan, dengan melihat capaian Arema FC pada musim 2021, maka dipastikan Arema FC akan melakukan sejumlah langkah perbaikan mengingat pada musim depan dipastikan persaingan antar klub akan lebih ketat dibanding sebelumnya.

"Kekurangan yang terjadi pada kompetisi sebelumnya menjadi evaluasi untuk diperbaiki baik dalam komposisi maupun strategi," tambahnya.

Baca juga: Tim ujung barat dan timur kompak turun kasta

Kendati telah memastikan siapa yang akan menjadi arsitek skuad Singo Edan untuk musim depan, bukan berarti Arema FC tidak membutuhkan masukan untuk perkembangan dan perbaikan tim pada musim kompetisi selanjutnya.

"Kami tetap butuh saran dan masukan yang membangun dengan tujuan Arema FC dapat berprestasi di musim depan," ujarnya.

Perpanjangan kontrak Eduardo Almeida ini dinilai sudah sesuai dengan peta jalan Arema FC untuk menghadapi kompetisi berikutnya, yang direncanakan dimulai pada Juli 2022. Selama empat bulan ini, akan dilakukan fase persiapan, termasuk pembentukan komposisi tim.

"Kini manajemen akan berproses untuk menjalankan rekomendasi pelatih untuk membentuk tim yang solid," katanya.

Pada musim 2021, Arema FC menutup kompetisi Liga 1 dengan bertengger di urutan keempat klasemen dengan mengantongi 65 poin. Juara Liga 1 2021 diraih oleh Bali United dengan torehan 75 poin.

Sementara pada urutan kedua ditempati oleh Persib Bandung dengan 69 poin dan Bhayangkara FC pada urutan ketiga dengan 66 poin.

Baca juga: BRI: Penyelenggaraan BRI Liga 1 timbulkan efek berganda
Baca juga: PSIS langsung datangkan dua pemain asing

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © 2022