Solo () – Arema FC membuang keunggulan dua gol yang sempat mereka miliki dan berakhir ditahan imbang Persebaya Surabaya 2-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2021/22 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu.

Arema memimpin 2-0 dalam 21 menit pertama lewat eksekusi penalti Carlos Fortes yang disusul gol Muhammad Rafli dan Persebaya membalasnya melalui Samsul Arif jelang turun minum.

Delapan menit babak kedua berjalan, Arema harus melanjutkan pertandingan hanya dengan sepuluh pemain karena Dendi Santoso menerima kartu kuning kedua dan situasi timpang bisa dimanfaatkan Persebaya untuk menyamakan kedudukan lewat Marselino Ferdinan.

Hasil itu membuat Arema tertahan di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 20 poin, unggul tiga poin atas Persebaya yang menduduki urutan keenam.

Pertandingan berlangsung seru sejak sepak mula dan Persebaya nyaris membuka keunggulan pada menit ketujuh saat Samsul Arif berhadapan satu lawan satu dengan kiper Adilson Maringa, tetapi tembakan penyelesaiannya malah melambung di atas mistar gawang.

Dua menit berselang, Arema memperoleh tendangan penalti setelah wasit Steven Yubel Poli menilai Alie Sesay melakukan pelanggaran handball di dalam kotak terlarang.

Carlos Fortes menjadi algojo dan dengan tenang memperdaya kiper Andhika Ramadani untuk membuka keunggulan Arema.

Pada menit ke-21, Rafli mampu menggandakan keunggulan Arema setelah berhasil melewati dua bek Persebaya sebelum menaklukkan Andhika dan mengubah kedudukan jadi 2-0.

Baca juga: Bersihkan ruang ganti jadi tradisi baru Arema FC usai bertanding

Tujuh menit jelang turun minum, Persebaya akhirnya bisa mencetak gol balasan mereka saat umpan silang Ady Setiawan mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Samsul Arif.

Kedua tim memasuki babak kedua masih dengan inisiatif menyerang, tetapi Arema harus kehilangan Dendi yang mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-53, memaksa pertandingan dilanjutkan dengan situasi sepuluh lawan sebelas.

Bajul Ijo memanfaatkan ketimpangan jumlah pemain itu untuk menggempur pertahanan lawannya dan memetik hasilnya pada menit ke-70 saat tembakan keras Marselino membentur tiang sebelum melesak ke dalam gawang Arema demi mengubah kedudukan jadi 2-2.

Baca juga: Bhayangkara FC kembali pimpin klasemen Liga 1 usai tundukkan PSM 2-0
Baca juga: PSSI laporkan kasus dugaan suap ke Polda Metro Jaya

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © 2021