Alumni Pasien Covid-19 di Kota Bogor Jadi Relawan, Ini Tugasnya

https: img.okezone.com content 2020 09 26 338 2284295 alumni-pasien-covid-19-di-kota-bogor-jadi-relawan-ini-tugasnya-qGWux9sZI6.jpg

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor membentuk relawan Teman Covid (Temanco) untuk memberikan motivasi sekaligus edukasi bagi pasien Covid-19 di Kota Bogor. Relawan tersebut berisi orang-orang yang berhasil sembuh dan pernah berjuang melawan Covid-19.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan ada tiga tugas utama bagi relawan Temanco yakni terus menyemangati dan memberikan motivasi para pasien positif Covid-19. Lalu, memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa virus ini bukan khayalan semata.

“Sesama alumni Covid-19 harus selalu sharing. Semua pasti berbeda-beda gejala yang dialami,” kata Bima, dalam keterangannya, Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga:  Positif Covid-19, Istri Gubernur Bali Jalani Karantina di Balai Diklat BPK 

Bima berharap, semua yang dilakukan para relawan ini mendatangkan keberkahan untuk semua dengan niat menyelamatkan banyak nyawa agar tidak terpapar virus ini khususnya di wilayah Kota Bogor.

“Nazar saya dulu kalau dikasih kesempatan sehat kembali. Ya Allah, saya ingin menyelamatkan sebanyak mungkin manusia apapun risikonya, di bully sudah biasa, dicaci juga sudah biasa, jangan mengharapkan dipuji, Insya Allah ini semua lillahi ta’ala, karena keyakinan kita ingin memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” harapnya.

Sementara itu, Inisiator Relawan Temanco, Ara Wiraswara menjelaskan dirinya ingin memberikan pesan bahwa virus ini bisa dilewati dan dilawan. “Alhamdulillah, para survivor ini adalah buktinya (sembuh) dan kita ingin memberikan pesan kepada saudara-saudara kita yang masih berjuang melawan Covid-19, mari kita lawan bersama,” ucap Ara.

Baca Juga:  RSD Wisma Atlet Pindahkan 34 Unit Tempat Tidur ICU ke RS UI

Salah satu gerakan utama Temanco kata Ara adalah mendampingi satu survivor dengan satu pasien covid-19. Sejauh ini, sudah ada 15 pasien covid-19 yang didampingi secara berkelanjutan untuk berbagi perkembangan mereka dalam melawan virus ini.

“Ada dua pesan yang disampaikan Temanco. Pertama, virus itu memang ada dan survivor itu bukti bahwa virus itu ada. Kedua, ketika ada tetangga yang terkena bukan menjauh, tetapi mendukung tetangga tersebut untuk bisa segera sembuh,” ungkap Ara.

Kemudian, sejauh ini sejak di launching September 2020 Temanco sudah mendampingi 25 keluarga, 68 jiwa, 15 kelurahan dan 9 kecamatan, termasuk 3 kecamatan diluar Kota Bogor, baik pendampingan secara psikis, pendampingan ekonomi hingga pengantaran tes swab dengan mobil Temanco.

“Terima kasih kepada relawan survivor dengan hati tulusnya untuk ambil bagian dalam gerakan ini, sehingga bisa membantu mengurangi tingkat stres penderita dan mengkampanyekan agar masyarakat lebih aware terhadap virus ini,” tutupnya.

(Ari)

  • #Indonesia Lawan Corona
  • #Covid-19
  • #Corona Virus
  • #Relawan COVID-19
  • #Virus Corona

Next Post

Cerita Gus Miftah Batal Beri Pengajian Malam Ini di Pemalang

Sab Sep 26 , 2020
Jakarta – Pendakwah kondang Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah bercerita harus membatalkan pengajiannya malam ini di Pemalang, Jawa Tengah (Jateng). Pembatalan itu dikarenakan permintaan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Awalnya, Gus Miftah bercerita hari ini dirinya ada dua agenda pengajian di Pekalongan dan Pemalang. Pengajian pertama di Pekalongan dia […]