Abu Bakar Ba’asyir Bebas, BNPT: Dia Punya Hak yang Sama dengan WNI Lainnya

https: img.okezone.com content 2021 01 05 337 2338890 abu-bakar-ba-asyir-bebas-bnpt-dia-punya-hak-yang-sama-dengan-wni-lainnya-fH3SbDWcNq.jpg

JAKARTA – Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Irfan Idris menilai Abu Bakar Baasyir memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia (WNI) pada umunya.

Setelah dinyatakan keluar dari Lapas Gunung Sindur pada Jumat 8 Januari 2021 mendatang, Abu Bakar Ba’asyir juga berhak kembali kepada masyarakat dan keluarga.

“Abu Bakar Ba’asyir (ABB) sebagai warga negara Indonesia tentu memiliki hak yang sama dengan WNI lainnya. Setelah menjalani proses pidana ABB sudah boleh bebas dan kembali kepada keluarganya,” kata Irfan saat dihubungi iNews.id melalui pesan singkat, Selasa (5/1/2021).

Baca juga:  Kalapas Imbau Simpatisan Abu Bakar Baasyir Tidak Berkerumun saat Penjemputan 

Dia menilai meski telah dapat menghirup udara segar, Abu Bakar Ba’asyir juga harus pengamanan. Meski begitu dia enggan berkomentar jauh sebab hal itu merupakan kewenangan aparat keamanan.

“Pengamanan dilakukan aparat keamanan. BNPT bukan badan penindak tapi bertugas mengoordinasikan merumuskan, dan melaksanakan upaya penanggulangan terorisme,” pungkasnya.

Baca juga:  Para Wijayanto Pimpin Jamaah Islamiyah Terlama Pasca-Abu Bakar Ba’asyir Tertangkap 

Seperti diketahui, terpidana Abu Bakar Ba’asyir dipastikan akan bebas murni seusai menjalani kurungan penjara. Ba’asyir akan bebas dari Lapas Gunung Sindur pada pekan ini, tepatnya Jumat 8 Januari 2021.

“Bebas secara murni, jadi tidak ada persyaratan khusus,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Imam Suyudi.

(wal)

Lihat juga:
Kumpulan Berita Trending dan Viral di Sini
1
1

  • #Lapas Gunung Sindur
  • #Abu Bakar Baasyir
  • #BNPT
  • #Abu Bakar Baasyir Bebas

Next Post

Jelang Hirup Udara Segar, Kesehatan Abu Bakar Baasyir Sempat Drop

Sel Jan 5 , 2021
BOGOR – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Khusus Kelas llA Gunung Sindur, Mujiarto menyebutkan, bahwa kondisi kesehatan narapidana terorisme Abu Bakar Baasyir sempat menurun jelang bebas murni pada Jumat, 8 Januari 2021. “Beberapa waktu lalu sempat dirujuk di RSCM, 24 November sampai dengan 10 Des 2020, setelah itu membaik, jadi kembali […]