3 Rekomendasi PVMBG Pascaerupsi Gunung Sinabung

https: img.okezone.com content 2020 08 11 608 2260132 3-rekomendasi-pvmbg-pascaerupsi-gunung-sinabung-IY4ZyJDbXW.jpg

JAKARTA – Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Hendra Gunawan memberikan tiga rekomendasi pascaerupsi Gunung Sinabung.

Hendra menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan hingga pukul 18.00 WIB pada Senin (10/8/2020) bahwa status Gunung Sinabung berada di level III atau siaga.

Dengan kondisi tersebut, kata dia, pertama masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

“Serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara,” kata Hendra kepada Okezone.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Erupsi, Desa Terdekat Gelap Gulita Tertutup Abu Pekat

Kedua, jika terjadi hujan abu masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

“Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” tuturnya.

Terakhir, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Sebagaimana diketahui, Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, erupsi pada Senin, 10 Agustus 2020 sekitar pukul 10.16 WIB. Kegiatan erupsi melontarkan material hingga setinggi 5 ribu meter dari puncak gunung dengan ketinggian 2.460 mdpl.

Abu vulkanik Gunung Api Sinabung kini mulai menyebar ke sejumlah wilayah di sekitar Kabupaten Karo. Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi Lontarkan Material Vulkanik hingga 5 Ribu Meter 

(Ari)

  • #PVMBG
  • #erupsi
  • #Erupsi Gunung Sinabung
  • #Gunung Sinabung Erupsi
  • #Gunung Sinabung


Loading…

Next Post

Cerita Sedih Dokter dan Keluarganya yang Positif Corona

Sel Agu 11 , 2020
JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo mengunggah video dari seorang dokter yang membagikan kisah keluarganya yang terkena virus corona. Dalam video tersebut, sang dokter meluapkan rasa kesedihannya. Video yang diunggah ganjar melalui media sosial Instagram @ganjar_pranowo yang dilihat Okezone, pada Selasa (11/8/2020) itu, seorang dokter spesialis anak bernama dr […]