Saham-saham menunjukkan kinerja bagus sejak Maret lalu karena pertumbuhan ekonomi melonjak dan Federal Reserve (Fed) telah mengimplementasikan sejumlah kebijakan yang membuat akses ke pasar modal sangat mudah

New York () – Pasar saham Amerika Serikat (AS), Wall Street, mencatat kenaikan pada Rabu waktu setempat atau Kamis pagi WIB, didorong oleh penguatan saham-saham sektor finansial.

Indeks Dow Jones Industrial Averagenaik 39,24 poin atau 0,11 persen menjadi 35.405,50. Indeks S&P 500 naik 9,96 poin atau 0,22 persen menjadi 4.496, 19. Indeks Komposit Nasdaq naik 22,06 poin atau 0,15 persen menjadi 15.041,86.

Saham-saham pada tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor finansial naik 1,21 persen, memimpin kenaikan. Saham layanan kesehatan turun 0,26 persen, mencatat kinerja terburuk di kelompok.

Saham perusahaan China yang tercatat di bursa AS hampir seluruhnya mencatat kenaikan.

"Saham-saham menunjukkan kinerja bagus sejak Maret lalu karena pertumbuhan ekonomi melonjak dan Federal Reserve (Fed) telah mengimplementasikan sejumlah kebijakan yang membuat akses ke pasar modal sangat mudah," kata Kepala Investasi UBS Global Wealth Management Solita Marcelli.

Investor menunggu pertemuan kunci bank sentral AS, di mana Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan menyampaikan pidato secara virtual pada 27 Agustus 2021, dalam acara tahunan simposium kebijakan ekonomi Jackson Hole. Pasar berharap dari pidato Powell akan ada petunjuk lebih lanjut dari rencana pengetatan (taper plan) bank sentral AS.

Baca juga: Dolar AS sedikit melemah, pelaku pasar tunggu hasil pertemuan The Fed

Penerjemah: Faisal Yunianto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © 2021