Jakarta () – Perusahaan desain mobil Italia Pininfarina telah meluncurkan truk berat listrik otonom terbaru dengan desain yang aerodinamis dan ekspansif.

Desain Xingtu disebut mencerminkan ketergantungan kuat pada teknologi untuk menghasilkan truk yang memberikan kenyamanan bagi lingkungan dan pengemudinya.

Dikutip dari Gizmochina, Senin, truk listrik Pininfarina Xingtu dirancang khusus untuk DeepWay, sebuah perusahaan truk pintar dan merupakan kendaraan semi-otonom, menargetkan operasi logistik jarak jauh dan pengiriman kargo secara berkelanjutan dan aman.

Truk listrik Pininfarina Xingtu disiapkan untuk meningkatkan efisiensi transportasi kargo secara berkelanjutan terhadap lingkungan sambil memberikan kenyamanan yang dibutuhkan pengemudi.

DeepWay dibentuk pada tahun 2020 dan mendapat dukungan dari pembangkit tenaga listrik internet China Baidu.

Pininfarina ditugaskan oleh DeepWay untuk merancang truk semi-otonom konsep Xingtu, yang hadir dengan jajaran fitur dan gadget yang ekstensif. Ini termasuk 11 kamera onboard, sensor LIDAR, radar, detektor infra-merah, dan komponen lain yang menyediakan navigasi untuk truk.

Baca juga: Navistar akan kembangkan truk swakemudi bersama TuSimple

Xingtu mampu mendeteksi rintangan sejauh 1 km dan memberikan respons yang tepat untuk rintangan tersebut. Desain truk serba listrik semi-otonom yang kompleks diselesaikan oleh Pininfarina Shanghai.

Head of Design perusahaan, Matteo Piguzzi menyatakan bahwa truk heavy-duty berkembang pesat untuk beradaptasi dengan lingkungan yang cepat berubah dengan inovasi berbasis teknologi untuk operasi yang mulus dan keselamatan yang ditingkatkan.

Teknologi efisiensi dan aerodinamis yang diterapkan di Xingtu tercermin dalam eksteriornya yang menarik secara estetis yang disederhanakan untuk mengemudi secara otonom.

Baterai 450kWh dari Xingtu memberikan jangkauan 300km, tetapi ini dapat ditingkatkan secara besar-besaran karena paket baterai mudah ditukar. Baterainya juga bisa terisi penuh dalam satu jam.

Inovasi dan teknologi turut tersaji pada bagian interior. Terdapat layar tampilan besar yang merupakan hub infotainment, kursi yang luas dan nyaman, serta asisten suara untuk memungkinkan tindakan cepat.

Hingga saat ini tidak ada rincian tentang kemungkinan tanggal rilis untuk Xingtu.

Baca juga: Truk kecil otonom akan segera diuji di California

Baca juga: Daimler beli saham Torc Robotics untuk truk swakemudi

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © 2022
  • Tags
  • Pininfarina
  • Xingtu
  • Truk listrik otonom