Jakarta () – Indonesia berupaya menjaga momentum pemulihan ekonomi seiring dengan semakin menurunnya kasus COVID-19 sekaligus menggenjot pertumbuhan ekonomi digital mewarnai pemberitaan sektor ekonomi dalam sepekan. Simak selengkapnya.

 

Airlangga dukung teknologi ekonomi digital di Indonesia timur

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah mendukung upaya pengembangan teknologi ekonomi digital di wilayah Indonesia timur.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga saat memberikan keynote speech secara virtual, Jumat, dalam peluncuran riset bertajuk Dampak Grab pada Perekonomian dan Sosial Budaya di Kupang dan Jayapura.

 

Menteri Investasi dukung keberadaan jaringan 5G di Indonesia timur

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mendukung perusahaan telekomunikasi memperluas jaringan 5G, khususnya di Makassar, Sulawesi Selatan, mengingat provinsi itu memiliki potensi besar untuk mendorong perekonomian nasional khususnya Indonesia timur.

"Dalam era pandemi ini, semua berubah dan semua memakai teknologi dan kehadiran Indosat Ooredoo merupakan solusi dan langkah tepat dalam memajukan perekonomian khususnya di wilayah Indonesia timur," kata Bahlil di Makassar, Sulsel, Jumat.

 

Pemerintah perkirakan pemulihan ekonomi kuartal 4 meningkat cukup kuat

Pemerintah memperkirakan pemulihan ekonomi pada kuartal 4 tahun 2021 akan meningkat cukup kuat, yang ditunjang oleh beberapa indikator.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

"Pemulihan ekonomi di kuartal 4 diperkirakan meningkat cukup kuat terutama ditunjang dengan beberapa indikator," jelas Sri Mulyani.

 

Kemendag jaga momentum pemulihan perdagangan

Kementerian Perdagangan berupaya menjaga momentum pemulihan ekonomi melalui sektor perdagangan yang berhasil dilakukan setelah terdampak pandemi COVID-19 dengan konsisten melakukan terobosan.

“Kemendag terus melakukan terobosan untuk memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan perdagangan dalam dan luar negeri ke depan. Ini kita lakukan untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi dan perdagangan Indonesia,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan Kasan lewat keterangannya diterima di Jakarta, Jumat.

 

Ekonomi digital melesat, Mendag ajak kaum muda jadi pengusaha

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan dalam sembilan tahun ke depan pada 2030, ekonomi digital Indonesia akan tumbuh 800 persen, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan anak muda Indonesia dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur di bidang teknologi.

“Ekonomi digital Indonesia akan tumbuh dari Rp632 triliun pada 2020 menjadi Rp 4.531 triliun pada akhir 2030 atau tumbuh 800 persen dalam sembilan tahun ke depan,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © 2021