Pertamina Patra Niaga menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat dan kami pastikan distribusi BBM, LPG dan avtur dalam kondisi lancar saat Nataru.

Palembang () – PT Pertamina Patra Niaga membentuk satuan tugas untuk memastikan pasokan energi di Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) terpenuhi selama momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Tim satuan tugas (Satgas) pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM dan LPG menjelang Natal dan Tahun Baru ini mulai bekerja pada pekan ini  hingga 10 Januari 2022.

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga MOR II Umar Ibnu Hasan di Palembang, Sumatera Selatan,  Kamis, mengatakan  tim ini dibentuk mengingat kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG cenderung meningkat menjelang akhir tahun.

Satgas ini akan memastikan pelayanan maksimal dalam mengoordinir dan memantau kelancaran penyaluran BBM dan LPG.

“Pertamina Patra Niaga menjamin ketercukupan energi bagi masyarakat dan kami pastikan distribusi BBM, LPG dan avtur dalam kondisi lancar saat Nataru,” kata Umar.

Tim Satgas Nataru sudah melakukan perhitungan perkiraan kebutuhan energi selama Natal dan tahun baru.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga resmikan Pertashop di Babelan Bekasi

Untuk jenis bahan bakar Gasoline diprediksi ada peningkatan sebesar 1 persen menjadi 8.615 KL per hari, Gasoil naik sebesar 7,5 persen menjadi sebesar 5.758 KL per hari sedangkan LPG naikhampir 1 persen dari bulan sebelumnya atau naik 2.068 MT per hari dibandingkan dengan realisasi bulan sebelumnya, untuk Avtur ada kenaikan juga sebesar 9,4 persen atau menjadi 74 KL per hari dibanding bulan sebelumnya.

"Untuk menghadapi lonjakan permintaan BBM dan LPG selama nataru, jika diperlukan penyaluran BBM maupun LPG akan ditambah sesuai dengan kebutuhan,” kata Umar.

Pertamina Patra Niaga memastikan pelayanan selama Satgas Nataru, dengan mengkondisikan lembaga penyalur baik SPBU dan pangkalan LPG untuk melayani masyarakat.

Terdapat total lebih dari 500 SPBU regular, 81 SPBU Siaga, 16 titik SPBU kantong, 19 titik layanan motoris, serta 400 agen dan 17 ribu lebih pangkalan LPG.

Baca juga: Pertamina tambah jam operasional atasi kelangkaan BBM di Pulau Bangka

Selain operasional, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan antigen di jalur Tol Trans Sumatera lain di KM 49A dan KM 20B.

Pertamina juga berupaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang belum berakhir ini dengan mengoptimalkan layanan transaksi nontunai atau cashless melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui di google playstore.

Pertamina Patra Niaga mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan BBM sesuai spesifikasi kendaraan.

“Jika masyarakat membutuhkan informasi dan layanan produk Pertamina dapat memanfaatkan layanan pelanggan Pertamina Contact Center (PCC) 135,” kata dia.
 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © 2021