Cikarang, Jawa Barat () – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) segera memulai produksi massal mobil SUV kompaknya, Creta, yang dirakit secara lokal di pabrik Hyundai Motor di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, pada 17 Januari ini.

Mobil yang sebelumnya diperkenalkan di ajang GIIAS bulan November 2021 ini telah menarik perhatian banyak pencinta otomotif di Indonesia, dengan total lebih dari 1.200 Surat Pesanan Kendaraan (SPK) hingga akhir Desember lalu.

Hyundai sendiri akan mendistribusikan Creta kepada pelanggannya mulai Februari 2022.

berkesempatan untuk menjajal performa dan fitur-fitur yang disematkan di dalam Hyundai Creta varian Prime.

Dari sisi tampilan, Hyundai Creta yang diproduksi dan diluncurkan berbeda dengan versi India. Eksterior mobil ini terlihat mencolok dengan lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, dan di bagian samping juga terlihat perpaduan warna two-tone yang memberikan kesan sporty.

Hyundai juga menyematkan Diamond Cut Alloy Wheels 17 inchi, serta ground clearance setinggi 200 mm. Di bagian belakang, Creta terlihat sporty dengan lampu High Mounted Stop Lamp dan Boomerang-type Rear Light.

Baca juga: Hyundai Creta rakitan lokal siap didistribusi massal Februari 2022

Hyundai Creta yang diuji coba di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2021). (/Arnidhya Nur Zhafira)

Di sisi interior, Creta terlihat mewah dengan tempat duduk yang nyaman dan stylish, ditambah dengan sejumlah fitur canggih. Beberapa yang mencolok lain adalah Cooled Glove Box, di mana laci dashboard dapat digunakan sebagai tempat untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman.

Lebih lanjut, terdapat pula Ventilated Seat di tempat duduk (seat) depan yang memberikan kenyamanan dalam berkendara jarak jauh, karena memberikan udara segar dari kursi.

Ada pula Ambient Mood Lamp. Sama seperti Ventilated Seat, fitur ini tersedia pada varian Style dan Prime.

Pengendara juga bisa merasakan kemudahan informasi lewat Full TFT LCD Meter Cluster berukuran 10,25 inci.

Creta juga dilengkapi dengan layar Display Audio berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur dan dapat terhubung ke ponsel pintar. Pada varian Prime seperti yang kendarai, perangkat ini terhubung ke 8 unit speaker BOSE Premium Sound System yang memberikan output musik dan suara yang maksimal.

Baca juga: Hyundai Creta akan menuju pasar ekspor

Hyundai Creta yang diuji coba di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2021). (/Arnidhya Nur Zhafira)

Salah satu fitur lain yang diunggulkan oleh kendaraan 5-seater ini adalah Hyundai Bluelink yang merupakan inovasi Connected Car Service.

Melalui Hyundai Bluelink, pengguna bisa melakukan berbagai hal dengan mobil; mulai dari mencari lokasi parkir Hyundai Creta dengan menyalakan lampu dan klakson menggunakan fitur Remote Horn & Light Control, serta mempersiapkan kendaraan dengan menyalakan dan mengatur suhu ruangan di dalam kabin menggunakan fitur Remote Start/Stop dan Climate Control.

Selain itu, teknologi Hyundai Bluelink juga dapat mengirimkan notifikasi melalui ponsel pintar jika ada orang yang tidak berkepentingan memasuki Hyundai CRETA anda atau melakukan upaya pencurian kendaraan, melalui fitur Stolen Vehicle Notification. Fitur ini akan mengaktifkan Stolen Vehicle Tracking dengan bantuan dari Hyundai Bluelink Call Center.

Fitur-fitur tersebut kemudian juga akan didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink untuk menghubungi Call Center dan meminta mobil yang dicuri tersebut untuk berhenti beroperasi sementara.

Pemilik Creta dapat menekan tombol SOS/Bluelink pada overheard console dalam situasi tertentu yang dapat secara otomatis terhubung ke Call Center dan menghubungi bantuan medis atau Roadside Assistance (RSA).

Pengendara yang mengalami kecelakaan dengan airbag yang mengembang akan secara otomatis terhubung ke Hyundai Bluelink Call Center dan mengaktifkan Auto Collision Notification.

Baca juga: Hyundai tidak siapkan Creta opsi tujuh penumpang
 

Hyundai Creta yang diuji coba di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2021). (/Arnidhya Nur Zhafira)

Creta juga dilengkapi dengan Valet Mode, dimana pemilik dapat menjaga privasi dan melihat informasi kendaraan.

Fitur ini juga dapat menghidupkan mesin, mengetahui jarak berkendara, kecepatan maksimum yang dilakukan, dan semuanya terhubung melalui aplikasi Hyundai Bluelink.

Pada awal kegiatan test drive bertajuk "Media Experience Day with Hyundai", diajak untuk mencoba akselerasi Hyundai Creta di Proving Ground Test Track yang dibangun khusus di pabrik Hyundai Motor.

Di trek ini, kinerja mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) bekerja, mampu menghasilkan performa tangguh, responsif, efisien, serta dilengkapi fitur Drive Mode untuk mengatur pilihan gaya berkendara yang paling sesuai.

Ada empat mode berkendara yaitu Eco, Comfort, Smart dan Sport. Teknologi IVT juga memungkinkan Hyundai CRETA mencapai tenaga maksimal hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

Setelah menguji ketangguhan di Test Track, kemudian diajak untuk mencoba kecanggihan Hyundai Creta lainnya saat melintasi jalanan umum di kawasan Deltamas, Cikarang. Kenyamanan yang maksimal dan nuansa mewah juga terasa dengan banyaknya fitur yang telah diulas sebelumnya.

Dihadapkan dengan kondisi kawasan industri yang memiliki karakteristik jalan tidak rata atau rusak karena kendaraan berat dengan muatan besar sering melewati jalan tersebut, tidak mengganggu kenyamanan Hyundai Creta, karena suspensi SUV tersebut telah disesuaikan dengan karakteristik jalanan di Indonesia.

Baca juga: SUV Hyundai Creta resmi meluncur, harga termurah Rp279 juta

Hyundai Creta yang diuji coba di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2021). (/Arnidhya Nur Zhafira)

Kondisi jalan yang ekstrim, seperti jalan berpasir atau berlumpur, diyakini tetap terjaga pengalaman terbaik bagi pengemudi dan penumpang, berkat hadirnya Traction Control Mode.

Fitur ini secara otomatis meningkatkan sistem penggerak roda depan Hyundai CRETA untuk beradaptasi dengan kondisi jalan dengan menyesuaikan kontrol slip roda kanan/kiri sesuai dengan torsi mesin dan pola perpindahan gigi.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Hyundai SmartSense yaitu berbagai fitur keselamatan yang dapat diandalkan untuk memberikan peringatan kepada pengemudi dan membantu mengambil tindakan pencegahan dalam situasi tabrakan dan benturan.

Teknologi keselamatan ini menjadikan perjalanan lebih aman dan mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya guna membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Fitur-fitur seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), dan High Beam Assist ( HBA).

Hyundai Creta sendiri kini dibanderol mulai di bawah harga Rp300 juta. Namun, belum ada yang berada di bawah angka Rp250 juta atau yang dimasukkan oleh pemerintah sebagai kategori mobil rakyat.

Berikut daftar harganya per Januari 2022.

Hyundai CRETA Active MT 6-speed: Rp279 juta
Hyundai CRETA Trend MT 6-speed: Rp299 juta
Hyundai CRETA Trend IVT: Rp319 juta
Hyundai CRETA Style IVT: Rp359 juta
Hyundai CRETA Prime IVT: Rp397,5 juta
Hyundai CRETA Prime IVT Two Tone Roof: Rp399 juta.

Baca juga: Ini dia wujud jelas Hyundai Creta

Baca juga: Bocoran tampang Hyundai Creta yang meluncur bulan depan

Baca juga: Hyundai ungkap sketsa SUV Creta buatan pabrik Indonesia

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © 2022
  • Tags
  • hyundai creta
  • hyundai
  • creta