Jakarta () – Sedan listrik Lightyear One akan memasuki jalur produksi setelah mereka menjalin kerja sama dengan pabrikan Valmet Automotive yang juga telah menangani Mercedes-Benz A-Class dan GLC-Class di pabrik Finlandia..

Dalam sebuah pernyataan, Lightyear mengatakan telah menghabiskan lebih dari satu tahun untuk menemukan mitra produksi yang sempurna untuk One listrik. Kemitraan itu akan melihat prototipe pertama Lightyear One dibangun di Finlandia pada Januari 2022 sebelum produksi dimulai pada musim panas 2022.

"Dua tahun lalu, kami mengumumkan prototipe Lightyear One. Kami sangat senang telah menemukan mitra produksi yang dengannya kami akan memproduksi model eksklusif ini," kata kepala eksekutif dan salah satu pendiri Lightyear, Lex Hoefsloot dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari CarsCoops, Rabu.

"Valmet Automotive adalah mitra yang hebat, memiliki rekam jejak yang mapan dan pengalaman lebih dari satu dekade dalam produksi EV. Ini juga cocok dengan budaya perusahaan kami. Kami bangga bahwa kami akan segera mewujudkan produksi Lightyear One yang sebenarnya dengan Valmet Automotive," tambah dia.

Lightyear One memiliki empat motor listrik kecil di dalam roda dan baterai lithium-ion 60 kWh. Selain itu, seluruh atap, kap mesin, dan decklid belakang dilapisi panel surya. Menurut Lightyear, panel itu dapat menambah jangkauan 31-43 mil (50-70 km) per hari selama musim panas.

Perusahaan menargetkan jangkauan kendaraan ini dapat mencapai 450 mil (725 km) dengan sekali pengisian daya. Bantuan lebih lanjut dalam jangkauan mobil yang mengesankan adalah kenyataan bahwa ia memiliki koefisien drag hanya 0,20.

"Kami siap memasuki area baru juga dalam pembuatan mobil dan oleh karena itu kami senang Lightyear telah memilih kami sebagai mitra produksi mereka," kata Kepala eksekutif Valmet Automotive, Olaf Bongwal.

Baca juga: Otoritas AS selidiki Lordstown atas dugaan pemesanan fiktif

Baca juga: Eropa akan setop penjualan mobil bensin – diesel mulai 2035

Baca juga: Rivian mulai penjualan di Eropa pada 2022

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © 2021

  • Tags
  • light year
  • mobil listrik