Jakarta () – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (29/10) mulai dari Kementerian Perhubungan menerbitkan aturan terbaru tentang syarat penerbangan hingga Kementerian Pertanian memanfaatkan data BMKG untuk menyiapkan strategi menghadapi ancaman La Nina.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Syarat baru penerbangan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menerbitkan aturan terbaru tentang syarat penerbangan antardaerah di luar Jawa dan Bali dapat menunjukkan hasil negatif RT-PCR (sampel maksimal 3×24 jam) atau hasil negatif RT-antigen (sampel maksimal 1×24 jam).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 93 Tahun 2021.

Berita selengkapnya klik di sini

2. ADB beri pinjaman 500 juta dolar AS untuk RI

Bank Pembangunan Asia (ADB) menyetujui pinjaman berbasis kebijakan senilai 500 juta dolar AS atau sekitar Rp7,2 triliun guna mendukung upaya Pemerintah Indonesia mendorong lingkungan usaha yang makin kompetitif dan ramah investasi, serta mempercepat pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19.

Pinjaman berbasis kebijakan, yang diiringi oleh bantuan teknis dan pertukaran pengetahuan, didesain agar menjadi bagian penting dari strategi pemerintah melakukan pemulihan pasca pandemi COVID-19.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kemendag luncurkan aturan IndonesiaEFTA CEPA

Kementerian Perdagangan menerbitkan ‘Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58 Tahun 2021 tentang Ketentuan Asal Barang Indonesia (Rules of Origin of Indonesia) dan Ketentuan Penerbitan Deklarasi Asal Barang untuk Barang Asal Indonesia dalam Indonesia–EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Negara-Negara EFTA).

Permendag tersebut akan mulai berlaku pada 1 November 2021 bersamaan dengan dimulainya implementasi persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Negara-Negara EFTA (IE–CEPA).

Berita selengkapnya klik di sini

4. Modal asing keluar Rp0,78 triliun

Bank Indonesia mencatat terjadinya aliran keluar modal asing sebesar Rp0,78 triliun dari pasar keuangan domestik pada 25-28 Oktober atau pekan keempat Oktober 2021.

Jika dirinci, terjadi penjualan neto di pasar Surat Berharga Negara sebesar Rp4,32 triliun dan pembelian neto di pasar saham sebesar Rp3,54 triliun.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Strategi hadapi La Nina

Kementerian Pertanian memanfaatkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi ancaman La Nina.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi mengatakan pihaknya melakukan langkah pencegahan mulai dari memperbaiki saluran irigasi, mengajarkan petani menerapkan budi daya yang baik hingga menggunakan konsep sistem peringatan dini (early warning system) sebagai antisipasi.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © 2021