Jakarta () – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (15/8) mulai dari harga tes polymerase chain reaction (PCR) COVID-19 turun hingga enam Proyek Strategis Nasional (PSN) PLN senilai Rp1,2 triliun di Jawa Timur rampung.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Penurunan harga tes PCR ringankan sektor transportasi

Pengamat transportasi Djoko Setidjowarno dari Universitas Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah menilai harga maksimal tes PCR COVID-19 sebesar Rp550 ribu dengan hasil maksimal 1×24 jam dapat meringankan pengguna dan pelaku sektor transportasi.

"Saya kira jelas meringankan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Ekonomi biru jadi model transformasi pascapandemi

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan perencanaan pembangunan dengan menerapkan model ekonomi biru akan menjadi bagian dari Redesain Transformasi Ekonomi Indonesia PascaCOVID-19.

"Model ekonomi biru akan memiliki konsekuensi pada perubahan paradigma perilaku masyarakat untuk lebih cinta lingkungan, memperhatikan sumber daya hayati, dan berusaha untuk menjaga kelestariannya, serta diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kemenkeu samakan dokumen tertentu dengan faktur pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatur ulang jenis dokumen tertentu yang kedudukannya disamakan dengan faktur pajak sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak (WP).

“WP tidak perlu membuat faktur pajak tersendiri melalui adanya penambahan beberapa jenis dokumen tertentu yang kedudukannya disamakan dengan faktur pajak,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kemenkeu Neilmaldrin Noor.

Berita selengkapnya klik di sini

4. PLN rampungkan enam proyek nasional senilai Rp1,2 triliun di Jatim

PLN (Persero) merampungkan enam Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp1,2 triliun di Jawa Timur yang bertujuan untuk memperkuat keandalan pasokan listrik di wilayah Jawa-Bali.

Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdwiharto di Surabaya mengatakan, proyek kelistrikan ini akan meningkatkan pasokan dan mutu layanan kebutuhan listrik serta semakin meminimalisir potensi pemadaman.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Efisiensi anggaran ke pejabat tinggi baru PUPR

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya efisiensi anggaran kepada para pejabat tinggi madya dan pratama baru Kementerian PUPR.

Menteri Basuki mengatakan.tahun 2021 seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, masih dipenuhi dengan ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © 2021