Jakarta () – Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Surabaya memiliki peran strategis untuk kebangkitan sektor industri otomotif nasional, khususnya Jawa Timur, pasca pandemi COVID-19.

Menperin melalui keterangan pers yang diterima pada Jumat, mengatakan hadirnya GIIAS juga sebagai sebuah momentum Indonesia untuk dapat beralih menggunakan transportasi yang rendah emisi karbon dan ramah lingkungan.

Dan menurutnya, penyelenggaraan GIIAS di Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta dan peran strategisnya sebagai hub atau pusat jalur perdagangan kawasan Indonesia Timur diyakini akan menjadi magnet bagi masyarakat.

"Kami berharap kiranya seluruh rangkaian kegiatan exhibition, seminar, product presentation, dan test drive dapat menjadi jendela untuk mempromosikan industri otomotif Indonesia kepada dunia internasional," ujarnya.

Mengusung konsep Autovaganza GIIAS Surabaya 2021 akan mengangkat kemajuan otomotif terkini lewat kehadiran berbagai varian kendaraan baru, kendaraan berbasis listrik hingga kendaraan konsep yang dipamerkan para peserta.

Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi menambahkan, penyelenggaraan GIIAS Surabaya pada tahun ini diharapkan menjadi dorongan yang fokus untuk pemerataan pertumbuhan industri otomotif khususnya di daerah Jawa Timur.

Nangoi juga mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan GIIAS Surabaya tahun ini, berbagai inovasi terkini dari industri otomotif, lewat berbagai kendaraan terbaru, kendaraan konsep serta kendaraan listrik, dimana sejalan dengan arahan pemerintah untuk mendorong green mobility, dan terus menciptakan lingkungan yang bersih dengan kendaraan emisi rendah atau bahkan tanpa gas buang.

"Kehadiran teknologi terkini dari kendaraan berbasis listrik diharapkan dapat menjadi pilar pendukung tercapainya konsep green mobility tersebut," jelas Nangoi.

Menurutnya, kehadiran kendaraan-kendaraan tersebut membuktikan pencapaian industri otomotif Indonesia.

Nangoi juga menyampaikan bahwa GAIKINDO juga menaruh kesedihan, keprihatinan dan berbelasungkawa atas tragedinya bencana alam erupsi gunung semeru yang menelan korban jiwa.

"GAIKINDO atas nama industri otomotif Indonesia mendeklarasikan akan menyerahkan seluruh hasil penjualan tiket pada pameran GIIAS Surabaya 2021, untuk korban bencana erupsi gunung Semeru, Kami harap dapat sedkit meringankan penderitaan para korban dan dapat mempercepat pengembalian kondisi normal masyarakat sekitarnya”," katanya.

Baca juga: Menperin: GIIAS ajang kenalkan konsep mobilitas hijau

Baca juga: Menperin: Produksi mobil lampaui target dan penjualan naik 71 persen

Baca juga: Menperin janji perjuangkan PPnBM otomotif nol persen dipermanenkan

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © 2021
  • Tags
  • giias
  • siias surabaya