Shanghai () – Bank sentral China, People's Bank of China (PBOC), menetapkan titik tengah resmi yuan mendekati level tertinggi satu bulan pada Senin, mengangkat nilainya terhadap mitra dagang utamanya untuk melewati angka kunci 100 untuk pertama kalinya sejak 2016.

Bank sentral menetapkan titik tengah di 6,4479 yuan per dolar sebelum pembukaan pasar, 125 basis poin atau 0,2 persen, lebih kuat dari perbaikan sebelumnya di 6,4604. Kurs itu adalah yang terkuat sejak 16 September.

Dan suku bunga panduan resmi yang diperkuat mendorong indeks keranjang yuan tertimbang perdagangan China ke 100,09, tertinggi sejak 3 Februari 2016, melonjak 5,54 persen sepanjang tahun ini, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data resmi.
Di pasar spot valuta asing China, yuan diperbolehkan naik atau turun sebesar 2,0 persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan.

Kurs tengah atau titik tengah yuan terhadap dolar AS didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antar bank pada setiap hari kerja.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © 2021