Jakarta () – PT Asabri (Persero) meluncurkan pembaruan aplikasi ASABRI Mobile guna mengoptimalkan layanan kepada nasabah, terutama pada saat pandemi yang masih melanda hingga kini.

Corporate Secretary Asabri Dewi Ratnaningsi mengatakan pembaruan aplikasi ASABRI Mobile membawa banyak perubahan penting dari mulai tampilan, fungsi, penambahan fitur, dan hadirnya versi iOS.

"Dengan hadirnya pembaruan ASABRI Mobile diharapkan mampu memberikan pengalaman layanan yang semakin mudah, cepat, dan praktis sehingga peserta dapat mengakses aplikasi ASABRI Mobile dimana dan kapan saja," ujar Ratna dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Peluncuran ASABRI Mobile versi terbaru memiliki fitur yang lebih lengkap dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan layanan peserta ASABRI. Fitur baru tersebut dinya adalah registrasi aplikasi yang lebih mudah, antrian online, formulir klaim layanan dan SPTB online.

Dengan diluncurkannya pembaharuan aplikasi tersebut, lanjut Ratna, peserta secara mandiri dapat melakukan registrasi aplikasi dengan mudah. Peserta hanya menginput NRP dan KTA setelah itu akan ada verifikasi yang masuk ke no HP yang dipergunakan saat ini untuk pengiriman kode OTP nya, dan ASABRI Mobile siap untuk digunakan.

"Hadirnya fitur antrian online juga memudahkan peserta dalam pengajuan klaim ke kantor cabang Asabri, dengan melakukan pendaftaran pada aplikasi kemudian peserta akan diberi notifikasi kedatangannya," kata Ratna.

Selanjutnya, peserta Asabri sekarang dapat mengunduh formulir pengajuan layanan yang untuk pengajuan klaim. Tersedia juga formulir PUM KPR bagi peserta aktif dan SPT Pajak bagi peserta pensiun.

Selain itu, fitur Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB) Online memudahkan peserta pensiun melakukan pelaporan SPTB setiap tahun tanpa harus datang ke kantor Asabri maupun mitra bayar. Fitur itu akan digunakan pada Tahun 2022 sesuai dengan periode pelaporan.

"Sejak diluncurkan pada tahun 2020, fitur simulasi premi menjadi fitur paling sering dibuka oleh peserta Asabri. Peserta yang masih aktif dapat melihat simulasi nilai manfaat selama menjadi peserta Asabri," ujar Ratna.

Nilai manfaat tersebut merupakan perhitungan sementara berdasarkan ketentuan yang berlaku. Simulasi tabungan asuransi hanya dapat ditampilkan jika peserta memiliki data yang lengkap, yaitu data peserta, data keluarga dan riwayat pangkat.

Peserta diharapkan melakukan pemutakhiran data pada menu profil sehingga simulasi premi dapat dilihat. Dengan fitur itu diharapkan peserta dapat memproyeksikan kebutuhannya di masa depan ketika memasuki usia pensiun.

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © 2021