Waspada La Nina! BMKG Ungkap Daerah yang Berpotensi Terdampak Banjir

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Jakarta

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkap sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami banjir akibat fenomena iklim La Nina. Banjir diprediksi akan terjadi mulai November 2020 hingga Januari 2021.

Dwikorita menjelaskan La Nina dapat meningkatkan akumulasi curah hujan bulanan dan musiman di Indonesia. Ia menilai perlunya antisipasi dampak La Nina berupa bencana hidrometeorologi banjir, banjir bandang, longsor angin kencang, dan puting beliung.

“Sebagai langkah mitigasi perlu dilakukan optimalisasi tata kelola air secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, danau embung sungai dan kanal untuk antisipasi debit air berlebih,” kata Dwikorita dalam pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Nasional Kebudayaan dengan tema ‘Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan se-Indonesia’, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Warga Kuningan Diminta Waspadai Banjir-Longsor Dampak La Nina

Selain itu, Dwikorita mengatakan, BMKG mendorong Pemerintah Daerah dan masyarakat agar tetap memonitor perkembangan cuaca atau iklim. Perkembangan dapat dipantau melalui web BMKG, aplikasi mobile phone Info BMKG, hingga menghubungi kantor BMKG yang ada di setiap provinsi.

Berikut daftar daerah yang diprediksi berpotensi mengalami banjir kategori tinggi akibat fenomena alam La Nina:

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Fakta Heboh 2 Prajurit TNI Dikeroyok Anggota Klub Harley Arogan

Sab Okt 31 , 2020
Jakarta – Video yang menunjukkan 2 anggota TNI menjadi korban pengeroyokan rombongan klub Harley-Davidson viral di media sosial (medsos). Begini duduk perkaranya. Peristiwa pengeroyokan itu berawal saat klub motor gede (moge) itu konvoi di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Ada beberapa video yang beredar di medsos terkait peristiwa ini. Dalam video […]