Warga Rusia Ikuti Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Moskow

KBRI Moskow

Jakarta

Upacara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75 diselenggarakan di KBRI Moskow, Rusia, dengan tema Indonesia Maju. Upacara diikuti seluruh staf KBRI Moskow, baik staf WNI maupun WNA warga Rusia.

Upacara dipimpin oleh Wakil Duta Besar RI Azis Nurwahyudi, yang juga sebagai Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow dan komandan upacara adalah Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy. Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Moskow juga turut menjadi peserta upacara.

Baca juga: Momen Langka Rakyat Indonesia Sikap Sempurna: di Jalan hingga Kafe

Dalam upacara dilakukan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera Merah Putih. Pengibaran ini dilakukan oleh tiga orang pelajar Indonesia di Rusia, yaitu Luthfi Adhitama, Angeline Putri Louhenapessy, dan Arya Khalistama.

Pelaksanaan upacara juga dilakukan sesuai arahan dari Istana Negara RI, dan memperhatikan protokol kesehatan di Rusia. Menurut Azis Nurwahyudi, peserta upacara tahun ini sangat terbatas, hanya staf KBRI Moskow.

Masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus sudah diimbau sebelumnya, untuk mengikuti upacara peringatan ini secara daring di tempat masing-masing melalui media sosial KBRI Moskow.

“Pelaksanaan peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi COVID-19. Tidak ada acara temu masyarakat dan panggung hiburan bersama,” ujar Azis Nurwahyudi.

Baca juga: HUT RI di Lantamal VI, 4 Gaug Kapal Perang Meraung Bersamaan

Sementara itu, Elizaveta Vedutova, salah satu staf KBRI Moskow berkewarganegaraan Rusia, menyampaikan kebanggaannya mengikuti upacara. Elizaveta diketahui telah 16 tahun bekerja di KBRI Moskow dan selalu mengikuti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Dirgahayu Republik Indonesia,” kata Elizaveta.

Cuaca di Moskow yang cerah sekitar 20 derajat Celcius, mendukung pelaksanaan upacara. Usai upacara dilanjutkan dengan acara keruk tumpeng dan pembagian hadiah berbagai lomba.

Untuk menyemarakan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, KBRI Moskow telah menyelenggarakan beberapa lomba secara langsung di KBRI Moskow yang diikuti oleh seluruh staf di lingkungan KBRI Moskow. Lomba tersebut adalah gaple, joged Poco-Poco, catur, tenis meja, bola voli dan lomba hiburan lainnya.

Sementara itu, KBRI Moskow juga adakan lomba secara daring bagi masyarakat Indonesia di Rusia dan Belarus, yaitu lomba vlog bertema nasionalisme dan Indonesia maju, serta lomba foto mengikuti upacara 17 Agustus secara daring.

(dwia/dwia)

Next Post

Pertarungan 2 Srikandi di Pilkada Tangsel, Anak Ma'ruf Amin Vs Keponakan Prabowo

Sel Agu 18 , 2020
TANGERANG SELATAN – Perhelatan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kian dekat. Pada awal September nanti, fase pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota akan berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Sampai saat ini, telah ada 3 pasangan calon kompak menunjukkan kesiapannya maju […]