Trump Tetap Berada di Daftar Suara Illinois karena Badan Pemilihan Menyatakan Tidak Memiliki Kewenangan untuk Menghapusnya atas Januari 6

Mantan Presiden Donald Trump Mengadakan Rapat Umum Kampanye di Las Vegas

(SeaPRwire) –   (CHICAGO) — Badan pemilihan umum Illinois pada Selasa membiarkan mantan Presiden Donald Trump tetap berada di surat suara primer negara bagian itu, seminggu sebelum Mahkamah Agung A.S. mendengarkan argumen mengenai apakah peran Partai Republik dalam menganggapnya tidak memenuhi syarat untuk jabatan presiden.

Putusan dengan suara bulat dari badan itu muncul setelah petugas pendengarannya, seorang hakim pensiunan dan anggota Partai Republik, menemukan bahwa “bukti yang lebih besar” menunjukkan bahwa Trump tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai presiden karena ia melanggar larangan konstitusional terhadap mereka yang “terlibat dalam pemberontakan” untuk menduduki jabatan. Tetapi petugas pendengaran tersebut merekomendasikan agar badan tersebut membiarkan pengadilan mengambil keputusan akhir.

Delapan anggota dewan, yang terdiri dari empat anggota Partai Demokrat dan empat anggota Partai Republik, menyetujui rekomendasi dari pengacaranya untuk membiarkan Trump tetap berada di surat suara dengan memutuskan bahwa mereka tidak memiliki wewenang untuk menentukan apakah ia melanggar Konstitusi A.S.

Anggota Dewan Catherine McCrory mengawali suaranya dengan pernyataan: “Saya ingin menegaskan bahwa anggota Partai Republik ini percaya bahwa terdapat pemberontakan pada 6 Januari. Saya yakin bahwa ia telah memanipulasi, menghasut, membantu, dan bersekongkol dalam pemberontakan pada 6 Januari.”

Tetapi McCrory mengatakan bahwa ia setuju bahwa dewan tersebut tidak memiliki yurisdiksi untuk menegakkan kesimpulan tersebut.

Pengacara Trump mendesak dewan untuk tidak terlibat, dengan menyatakan bahwa mantan presiden tidak pernah terlibat dalam pemberontakan, tetapi itu bukanlah hal yang dapat ditentukan. “Kami akan merekomendasikan dan mendesak dewan untuk tidak mencampuri ini,” kata pengacara Adam Merrill.

Trump bersorak atas keputusan tersebut dalam sebuah unggahan di jejaring media sosialnya, Truth Social. “VOTE adalah 8-0 yang mendukung agar Presiden favorit Anda (SAYA!), tetap berada di Surat Suara,” tulis Trump.

Seorang pengacara bagi para pemilih yang keberatan dengan keberadaan Trump di surat suara mengatakan bahwa mereka akan mengajukan banding ke pengadilan wilayah Cook County. “Yang terjadi di sini adalah penghindaran masalah yang pelik,” kata pengacara Matthew Piers kepada wartawan setelah sidang. “Saya mengerti keinginannya untuk melakukannya, tetapi hukum tidak mengizinkan Anda untuk menghindar.”

Persoalan ini kemungkinan besar akan diputuskan di pengadilan yang lebih tinggi, dengan Mahkamah Agung A.S. dijadwalkan minggu depan untuk mendengarkan argumen dalam permohonan Trump untuk mencalonkan diri sebagai presiden di negara bagian itu.

Pengadilan tertinggi di negara ini belum pernah memutuskan kasus yang melibatkan Bagian 3 dari Amandemen ke-14, yang diadopsi pada tahun 1868 untuk mencegah mantan konfederasi untuk kembali menjabat setelah Perang Saudara tetapi jarang digunakan sejak saat itu. Beberapa cendekiawan hukum mengatakan bahwa pasal setelah Perang Saudara berlaku untuk Trump atas perannya dalam mencoba membatalkan pemilihan presiden tahun 2020 dan mendorong para pendukungnya untuk menyerbu Gedung DPR A.S. setelah ia kalah dari anggota Partai Demokrat Joe Biden.

Puluhan kasus telah diajukan di seluruh negara yang berupaya menghalangi Trump dari jabatan presiden berdasarkan Bagian 3. Kasus Colorado adalah satu-satunya yang berhasil di pengadilan. Sebagian besar pengadilan dan pejabat pemilihan lainnya telah menghindar dari masalah ini dengan alasan yang sama dengan Illinois, dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki yurisdiksi untuk memutuskan masalah konstitusional yang tidak jelas tersebut.

Sekretaris Negara Bagian Maine yang berasal dari Partai Demokrat juga memutuskan bahwa Trump melanggar Amandemen ke-14 dan tidak lagi memenuhi syarat untuk menduduki Gedung Putih, tetapi putusannya ditangguhkan hingga Mahkamah Agung mengeluarkan keputusan.

Para pengkritik Trump berpendapat bahwa ia didiskualifikasi oleh bahasa yang jelas pada Bagian 3, yang melarang mereka yang bersumpah untuk “mendukung” Konstitusi, kemudian “terlibat dalam pemberontakan” terhadap larangan tersebut untuk menduduki jabatan. Mereka berpendapat bahwa mantan presiden tersebut tidak memenuhi syarat sama seperti jika ia tidak memenuhi ketentuan konstitusional berusia setidaknya 35 tahun.

Namun, pengacara Trump berpendapat bahwa ketentuan tersebut tidak jelas dan tidak jelas dan bahwa 6 Januari tidak memenuhi definisi hukum pemberontakan. Bahkan jika demikian, mereka berpendapat, bahwa Trump sekadar menggunakan Amandemen Pertama dan tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan bahwa larangan untuk menjabat tidak seharusnya berlaku bagi presiden.

Bagian 3 banyak digunakan setelah Perang Saudara, tetapi setelah Kongres memberikan amnesti kepada sebagian besar mantan Konfederasi pada tahun 1872, pasal tersebut tidak lagi digunakan. Para cendekiawan hukum hanya dapat menemukan satu contoh yang digunakan pada abad ke-20 — terhadap seorang sosialis yang tidak duduk di kongres karena ia menolak keterlibatan A.S. dalam Perang Dunia Pertama — dan hanya digunakan beberapa kali sejak 6 Januari.

Anggota dewan Illinois menghindari masalah tersebut dengan menyimpulkan bahwa, menurut hukum negara bagian, yang dapat mereka lakukan hanyalah menilai apakah dokumen dasar kandidat yang diisi itu benar. Satu-satunya cara untuk mencopot Trump adalah dengan menyimpulkan bahwa ia membuat pernyataan palsu ketika ia bersumpah di atas kertas bahwa ia memenuhi syarat untuk jabatan yang dicarinya.

Anggota Dewan Jack Vrett, seorang anggota Partai Republik, memperingatkan bahwa hal itu akan menimbulkan preseden yang berbahaya, mengingat puluhan dewan pemilihan di negara bagian yang mengikuti arahan dewan utama. “Jika kami mengizinkan mereka untuk mengatakan, ‘Jangan hanya melihat surat-suratnya, lihat tuduhan yang mendasarinya,’ maka hal itu akan membuka pintu air,” kata Vrett.

“Setiap kandidat dewan sekolah yang memungkinkan akan berupaya menantang kualifikasi” saingan mereka, Vrett menambahkan, “berdasarkan dugaan perilaku kriminal”.

___

Riccardi melaporkan dari Denver.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Universe Pharmaceuticals INC Melaporkan Hasil Keuangan Tahun Fiskal 2023

Rab Jan 31 , 2024
(SeaPRwire) –   JI’AN, China, 31 Januari 2024 — Universe Pharmaceuticals INC (“Universe Pharmaceuticals” atau “Perusahaan”) (Nasdaq: UPC), produsen dan distributor farmasi di Cina, hari ini mengumumkan hasil keuangan untuk tahun fiskal yang berakhir 30 September 2023. Bapak Gang Lai, Ketua dan Chief Executive Officer Universe Pharmaceuticals, berkomentar, “Meskipun ada gejolak […]