Saat ini pengerjaan pembuatan sumur bor sudah berjalan.

Rejang Lebong, Bengkulu () – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0409/Rejang Lebong, Bengkulu membuat sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Desa Air Lanang, Kabupaten Rejang Lebong.

"Saat ini pengerjaan pembuatan sumur bor sudah berjalan, kemarin sempat tertunda karena alatnya berupa pipa harus didatangkan dari luar daerah," kata Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan diwakili Pasi Teritorial Kapten CBA Arif Parwoko, di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, pembangunan sarana air bersih bagi warga Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan yang menjadi lokasi TMMD ke-115 Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut, dilakukan karena warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih mengingat berada di dataran tinggi.

Penyediaan air bersih melalui sumur bor itu, mereka anggap sebagai solusi bagi masyarakat Desa Air Lanang yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih, dan untuk mendapatkannya mereka harus pergi jauh ke dusun lainnya.

Pengerjaan pembuatan sumur bor dan tempat mandi warga ini, diperkirakan akan memakan waktu hingga satu minggu ke depan.

Dia berharap nantinya sumber air bersih dari sumur bor itu bisa dipelihara oleh warga setempat, sehingga bisa bertahan lama dan memberikan manfaat yang banyak.

Pada kegiatan TMMD yang dipusatkan di Desa Air Lanang, Kecamatan Curup Selatan, Kodim 0409/Rejang Lebong terhitung 11 Oktober hingga 11 November nanti, kata dia lagi, dengan berbagai kegiatan pembangunan fisik dan nonfisik, di nya pembukaan jalan baru sepanjang 5,5 km dengan lebar 8 meter yang akan menghubungkan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kemudian pembuatan pelat duiker sebanyak 5 unit, bedah rumah, pembuatan poskamling. Selanjutnya pembangunan rumah warga miskin dua unit dan rehab mushala.

Selain itu, mereka juga melaksanakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan, seperti penyuluhan hukum, kesehatan, pertanian, wawasan kebangsaan, dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2022