Jakarta () – Astronaut China di pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-14 kembali ke Bumi dengan selamat pada Minggu (4/12), setelah menyelesaikan misi mereka di stasiun luar angkasa selama enam bulan.

Kapsul pembawa pulang (return capsule) Shenzhou-14, yang membawa astronaut Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe, mendarat di situs pendaratan Dongfeng di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, pada pukul 20.09 Waktu Beijing atau pukul 19.09 WIB, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Ketiga astronaut berada dalam kondisi yang baik, dan misi berawak Shenzhou-14 berhasil, kata CMSA.

Mereka dibawa keluar oleh kru darat dan ditempatkan di kursi di depan kapsul tersebut. Mereka terlihat santai dan melambaikan tangan pada para kru darat. 

"Selamat datang kembali di rumah," demikian teriakan orang-orang menyambut ketiganya, dengan banyak dari mereka yang menggunakan kamera untuk mengabadikan momen bersejarah tersebut.   Tak lama setelah kapsul pembawa pulang mendarat, tim pencari darat tiba di lokasi pendaratan. Tenaga medis memastikan bahwa para astronaut dalam keadaan sehat.

"Saya merasa terhormat dapat menyaksikan pembentukan konfigurasi dasar stasiun luar angkasa kami," ujar Chen, komandan misi, yang juga menjadi astronaut China pertama yang tinggal di orbit selama lebih dari 200 hari. "Saya bangga pada negara saya."

Liu, astronaut wanita pertama China, mengatakan dirinya memiliki kenangan yang tak terlupakan di stasiun luar angkasa dan sangat senang bisa kembali ke tanah air.

Kapsul pembawa pulang berpisah dari kapsul pengorbit Shenzhou-14 pada Minggu pukul 19.20 Waktu Beijing atau 18.20 WIB di bawah komando Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center/BACC).
 

   Astronaut pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-14 kembali ke Bumi dengan selamat pada Minggu (4/12)

Ketiga astronaut tersebut melakukan perjalanan ke stasiun luar angkasa pada 5 Juni. Mereka menyelesaikan banyak tugas selama misi mereka, termasuk mengawasi beberapa manuver pertemuan (rendezvous) dan penambatan (docking), melakukan tiga aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activities/EVA), memberikan kuliah sains secara langsung dari luar angkasa, serta melakukan sejumlah eksperimen teknologi ilmiah. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
COPYRIGHT © 2022