Thailand’s Thaksin, Kontroversial Ex-Pemimpin yang Dipenjara Enam Bulan Lalu, Akan Dibebaskan Dini

TOPSHOT-THAILAND-POLITICS-THAKSIN

(SeaPRwire) –   Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri Thailand yang divonis, dijadwalkan akan dibebaskan dini dari penjara setelah kementerian kehakiman memasukkannya dalam daftar narapidana yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pengurangan hukuman penjara, konsesi kedua yang diberikan kepada mantan pemimpin itu sejak kembalinya dari pengasingan tahun lalu.

Thaksin memenuhi kriteria untuk mendapatkan pengurangan sisa hukumannya karena usianya lebih dari 70 tahun dan menderita penyakit kronis, kata Menteri Kehakiman Tawee Sodsong pada Selasa. Mantan perdana menteri itu termasuk dalam daftar 930 orang yang telah disetujui untuk menerima grasi, katanya.

“Direktur jenderal Departemen Pemasyarakatan sudah mengajukan proposal pengurangan hukuman penjara, yang telah disetujui” oleh komisi, kata menteri itu. Ketika ditanya kapan Thaksin akan dibebaskan, Tawee mengatakan: “Kita harus melihat tanggal lagi. Dia akan secara otomatis menerima pengurangan hukuman penjara segera setelah menyelesaikan enam bulan hukuman penjara.”

Mantan perdana menteri berusia 74 tahun itu telah menjalani sekitar enam bulan hukumannya sejak tiba di Thailand pada 22 Agustus. Dia dipindahkan ke rumah sakit polisi dalam waktu beberapa jam setelah ditahan di penjara Bangkok setelah mengeluh sakit dada dan tekanan darah tinggi.

Thaksin dihukum delapan tahun penjara atas tuduhan korupsi setelah kembali dari 15 tahun pengasingan. Dia diberikan grasi kerajaan sebagian pada September oleh Raja Maha Vajiralongkorn yang mengubah hukumannya menjadi hanya satu tahun.

Pemimpin Thailand saat ini, yang memimpin koalisi yang dipimpin oleh Partai Pheu Thai—secara efektif dipimpin oleh Thaksin—mengatakan terpisah pada Selasa bahwa pengurangan hukuman Thaksin sesuai dengan hukum.

“Itu haknya,” kata Srettha kepada reporter setelah rapat kabinet di Bangkok, menambahkan bahwa Thaksin telah menjalani masa hukumannya dan akan dapat menjalani kehidupan normal setelah dibebaskan.

Kapan pun dia dibebaskan, gerakannya kemungkinan akan ditelusuri secara ketat atas apa yang diamati sebagai upaya oleh otoritas untuk mencegah tantangan terhadap status quo konservatif yang lama berlangsung di negara itu.

Awal bulan ini, otoritas mengatakan sedang mempertimbangkan menuntut Thaksin atas tuduhan menghina monarki atas komentar yang dia buat hampir satu dekade lalu. Langkah itu diambil beberapa hari setelah Partai Oposisi Utama Move Forward untuk menghentikan semua upaya untuk mengubah undang-undang dasar negara—janji kampanye yang membantunya meraih 40% suara rakyat dalam pemilihan umum Mei.

Seorang tokoh kontroversial namun berpengaruh dalam politik Thailand, Thaksin adalah kepala klan Shinawatra yang telah mendominasi pemilihan nasional hanya untuk secara rutin digulingkan dari kekuasaan. Kembalinya dianggap sebagai bagian dari kesepakatan dengan militer yang menggulingkannya pada 2006 dan pemerintahan adiknya Yingluck Shinawatra pada 2014.

Beberapa jam setelah kedatangan Thaksin ke Thailand, Srettha terpilih sebagai perdana menteri baru negara itu setelah berbulan-bulan kebuntuan politik. Putri termuda Thaksin mengambil alih kepemimpinan Pheu Thai tahun lalu, semakin memperkuat kendali klan atas kekuasaan.

Selama perawatan di rumah sakit, Thaksin menjalani dua operasi, dan Paetongtarn mengatakan pada September keluarga sedang mempertimbangkan kemungkinan meminta pembebasan dini Thaksin atas dasar tahanan bersyarat.

Menurut hukum Thailand, narapidana yang telah menjalani setidaknya dua pertiga hukumannya dapat dibebaskan secara dini di bawah pengawasan. Selain itu, narapidana yang berusia 70 tahun atau lebih dan menderita penyakit berat juga dapat memenuhi syarat untuk dibebaskan setelah menjalani setidaknya enam bulan, atau satu pertiga hukumannya.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Vianode mengangkat Howard Ormonroyd sebagai CFO, membawa pengalaman yang luas dalam pembiayaan proyek bahan dan infrastruktur berskala besar

Sel Feb 13 , 2024
(SeaPRwire) –   OSLO, Norwegia, 13 Februari 2024 — Vianode, sebuah perusahaan material baterai canggih yang menyediakan solusi grafit anoda berkelanjutan, telah menunjuk Howard Ormonroyd sebagai CFO. Sebagai anggota tim manajemen eksekutif, beliau akan fokus pada pendanaan dan penciptaan nilai saat Vianode memantapkan dirinya sebagai pemasok utama untuk rantai nilai […]