Temui Wagub DKI, LSM Ungkap 3.194 Warga Miskin Jakarta Tak Dapat Bansos

LSM Temui Wagub DKI Ahmad Riza Patria laporkan data warga miskin tak dapat bansos

Jakarta

Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) mendatangi Balai Kota DKI Jakarta. Mereka melaporkan ada lebih dari 3 ribu warga miskin yang belum menerima bantuan sosial (bansos).

Ada tiga LSM yang datang, yakni Forum Indonesia untuk Transparansi (Fitra), Serikat Pekerja Rakyat Indonesia (SPRI), dan Inisiatif. Perwakilan ketiga LSM itu diterima langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

“Sekitar 3 ribu yang tidak dapat bantuan, itu data berdasarkan survei di responden yang sifatnya bukan seluruhnya, 5 kota, satu Kabupaten Pulau Seribu. Ada 3.194 masyarakat miskin yang belum ter-cover (bansos),” ujar peneliti Fitra, Gunadi Ridwan, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Dapat Pinjaman Rp 12,5 T, Pemprov DKI Akan Prioritaskan untuk Tangani Banjir

Menurutnya, warga yang belum mendapat bantuan itu bisa di-cover menggunakan dana realokasi yang selama ini dilakukan. Gunadi menilai hal itu memungkinkan untuk dilakukan.

“Jadi, ketika jumlah itu bisa di-cover dari budget itu (refocusing, realokasi, penarikan piutang), sangat memungkinkan. Pemda itu punya anggaran sekian triliun,” ucapnya.

Lebih lanjut, Gunadi mengatakan, pihaknya mengusulkan agar dana bansos itu disalurkan dan diterima masyarakat dalam bentuk uang tunai (cash). Hal itu bertujuan menghindari mark up anggaran.

Baca juga: 27 Ribu Warga Tak Bermasker di DKI Ditindak, Denda Terkumpul Rp 100 Juta

“Bagi kami lebih baik transfer karena itu lebih minim, karena kalau sembako itu lebih memungkinkan untuk mark up. Lebih baik cash jadi mereka bisa belanja di warung sekitar,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ariza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan dana untuk penanganan COVID-19 sebanyak Rp 5,32 triliun. Dana tersebut disalurkan untuk sektor kesehatan, sosial, dan sembako.

“Memang kami dalam masa pandemi ini telah menganggarkan tidak kurang dari Rp 5,32 triliun, untuk tiga aspek bantuan, yaitu terkait kesehatan, jaringan pengaman sosial dan sembako, dan stimulus ekonomi, dan tentu kehadiran teman-teman di sini sangat membantu,” kata Ariza.

(azr/azr)

Next Post

Bocah Korban Penculikan Ditemukan di Tangerang, Ibunda: Dibawa Naik Kereta

Sel Jul 28 , 2020
Jakarta – Bocah perempuan berusia 3 tahun sempat diculik oleh pelaku, P (18). Pelaku membawa korban naik kereta ke kawasan Munjul, Kabupaten Tangerang. “Dia katanya… (ditanya) ‘PR kemarin naik kereta ya?’ (dijawab) ‘Iya, naik kereta,’ katanya,” kata ibunda korban, M, di Polres Jaksel, Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, Selasa (28/7/2020). […]